Kamis, 21 Oktober 2021

Kodim 0704 Banjarnegara dan Kelomok Tani Tiga Serangkai Galakkan Ketahanan Pangan Melalui Panen Jagung

Kodim 0704 Banjarnegara bersama dengan kelompok tani Tiga Serangkai melakukan panen raya jagung. (Maula)

Sebagai dukungan terhadap ketahanan pangan secara nasional, Kodim 0704 Banjarnegara bersama dengan kelompok tani Tiga Serangkai melakukan panen raya jagung pada lahan demplot seluas 2 hektare di wilayah Kecamatan Bawang, Selasa (28/9/2021).


Banjarnegara, serayunews.com

Panen raya jagung di lahan demplot milik Kodim 0704 Banjarnegara ini merupakan satu dukungan dari prajurit TNI AD yang ada di Banjarnegara dalam mendukung ketahanan pangan.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama panen raya jagung Bisi 18. Tentunya ini bisa menjadi percontohan kepada petani agar mendapatkan hasil panen yang baik untuk menuju swasembada pangan khususnya di Banjarnegara,” kata Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol Arh Sujeidi Faisal.

Menurutnya, setelah percontohan ini, para petani tidak lagi ragu untuk menanam jagung maupun lainya dengan memanfaatkan lahan yang ada. Hal ini dilakukan agar ketahanan pangan di Banjarnegara dapat terjaga dengan baik, termasuk ikut menyokong ketahanan pangan secara nasional.

“Kita prajurit TNI bersama dengan penyuluh pertanian yang ada di Dinas Pertanian Banjarnegara siap untuk membantu. Karena pada dasarnya, lahan yang ada di negeri ini sangat baik untuk bercocok tanam, itu semua tergantung dari petaninya sendiri. Kami pasti support,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Totok Setya Winarna mengatakan, jenis jagung yang ditanam sebagai lahan demplot pada lahan Kodim 0704 Banjarnegara ini sangat luar biasa karena jagung bisi 18 merupakan satu jenis jagung unggul.

Jagung jenis ini juga produktivitasnya tinggi dan sangat cocok di Banjarnegara, khususnya pada lahan yang sulit air.

“Ini adalah bentuk sinergitas yang sangat baik antara petani, pemerintah melalui dinas pertanian dan TNI dari Kodim 0704 Banjarnegara. Kita berharap kerjasama ini akan terus dilakukan demi terwujudnya Banjarnegara yang swasembada pangan,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini