Minggu, 5 Februari 2023

Korea Selatan Lolos ke 16 Besar dengan “Pelatih Cadangan” asal Portugal

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

Korea Selatan secara mengejutkan lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Portugal 2-1, Jumat (2/12/2022). Kelolosan Korea Selatan karena Uruguay hanya menang 2-0 atas Ghana. Keberhasilan Korea Selatan lolos ke 16 besar setelah hanya didampingi asisten pelatihnya asal Portugal.


Al Rayyan, serayunews.com

Seperti dikutip dari livescore, Korea Selatan mencetak gol melalui Kim Young-gwon menit 27 dan Hwang Hee-chan menit 90+1. Gol Portugal dibuat Horta menit 5.

Di laga lainnya, Uruguay mengalahkan Ghana 2-0. Gol Uruguay diborong oleh Arrascaeta menit 26 dan 32. Hasil laga akhir grup H itu membuat Uruguay dan Korea Selatan sama-sama memiliki empat poin dari dua pertandingan dan memiliki selisih gol yang sama yakni nol.

Namun, Korea Selatan berhak mendampingi Portugal ke babak 16 besar karena memiliki produktivitas gol lebih baik dari Uruguay. Korea selatan mampu membuat empat gol, sementara Uruguay hanya membuat dua gol.

Klasemen akhir grup H  sebagai berikut:

No Tim

Main

Nilai Selisih gol
1 Portugal 3 6 6-4
2 Korea Selatan 3 4 4-4
3 Uruguay 3 4 2-2
4 Ghana 3 3 5-7

 

Dengan klasemen akhir di atas, maka Portugal dan Korea Selatan berhak lolos ke babak 16 besar.

Pelatih

Di laga pamungkas, pelatih kepala tak bisa mendampingi Korea Selatan. Sebab, Paulo Bento yang kebetulan orang Portugal itu menjalani sanksi akibat kartu merah kala laga melawan Ghana.

Di laga pamungkas melawan Portugal, Korea Selatan hanya didampingi oleh asisten pelatih, Sergio Costa. Sergio Costa juga merupakan orang Portugal. Jadi, selama pertandingan, kendali di lapangan oleh Sergio Costa.

Berita Terpopuler

Berita Terkini