Jumat, 9 Desember 2022

Kustiri dan Riswanti, Kakak Beradik yang Bertarung di Pilkades Serentak Purbalingga

Kustiri (2) dan Riswanti (1) berfoto bersama saat pengundian nomor urut Cakades Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja Purbalingga. Keduanya merupakan kakak beradik yang bersaing di Pilkades serentak 20 November mendatang. (Joko Santoso)

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap I di Kabupaten Purbalingga memunculkan banyak dinamika. Salah satunya yang terjadi di Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja. Pasalnya dua calon kepala desa (cakades) yang berlaga di pesta demokrasi desa tersebut adalah kakak beradik yang notabene adalah saudara sekandung.


Purbalingga, serayunews.com

“Di Desa Tlahab Kidul terdapat dua cakades. Masing-masing Kustiri Amd yang merupakan Kades petahana serta Riswanti. Kustiri adalah kakak dari Riswanti,” kata Plt Camat Karangreja, Dedy Kurniawan, ketika dikonfirmasi serayunews.com, Kamis (17/11/2022).

Dedy mengatakan Kustiri merupakan kades yang merupakan hasil pergantian antar waktu (PAW) tahun 2019. Di Pilkades Serentak 20 November mendatang, Kustiri kembali maju sebaga calon petahana.

“Di menit akhir batas akhir pendaftaran bakal calon kades (bacakades), sang adik yaitu Riswati juga mendaftar sebagai pesaing,” terang Dedy.

Kustiri dan Riswanti juga nampak hadir dalam Deklarasi Pilkades Damai di Pendapa Dipokusumo, Kamis (17/11/2022). Keduanya nampak akrab dan duduk bersebelahan. Saat ditemui Serayunews.com, Riswanti mengatakan dirinya mendoakan agar sang kakak kembali terpilih sebagai Kades.

“Saya mendoakan kakak saya yang menang di pilkades,” ujarnya sambil tersenyum.

Sementara Kustiri menyampaikan dia dan adiknya merupakan tujuh bersaudara yang merupakan anak dari pasangan Asmareja dan Bainem (alm). Kustiri yang berusia 46 tahun merupakan anak sulung dan Riswanti yang berusia 39 tahun merupakan anak nomor tiga.

“Saya memang yang meminta adik saya maju sebagai pesaing saya di Pilkades. Tujuannya agar saya ada lawannya. Karena di peraturan Pilkades saat ini tidak boleh ada calon tunggal,” kata Kustiri yang merupakan alumnus Univeristas Padjadjaran (Unpad) tersebut.

Rumah Bersebelahan

Dia menjelaskan, sehari-hari dia dan sang adik juga selalu bekerja sama mengelola usaha katering makanan di desanya. Mereka juga tinggal bersebelahan rumah dan masing-masing sudah berkeluarga. Kustiri bersuamikan Syarif Hidoyo dan memiliki empat orang anak. Sedangkan Riswati bersuamikan Dwi Mika Ibnu serta dikaruniai dua orang anak.

“Semoga Pilkades di Tlahab Kidul aman dan kondusif. Siapapun yang terpilih,” imbuh sang kakak diamini sang adik.

Pilkades serentak tahap pertama di Kabupaten Purbalingga dilaksanakan di 30 desa di 15 kecamatan. Terdapat 89 cakades yang akan bersaing memperebutkan kursi orang nomor satu di pemerintahan desa.

 

Editor :kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini