Lanal Cilacap Gelar Operasi Katarak Mata Gratis, Ratusan Warga Antusias Mengikuti

Ratusan warga saat mendaftar dan skrining operasi katarak mata gratis dan pteregyum di Klinik Pratama Rawat Jalan, Balai Kesehatan TNI AL Cilacap, Sabtu (11/2/2023). (Yuda untuk Serayunews)

Ratusan masyarakat di Kabupaten Cilacap antusias mengikuti operasi katarak mata gratis. Bakti sosial oleh Lanal Cilacap ini sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama dan rasa kemanusiaan.


Cilacap, serayunews.com

Adapun Bakti Sosial Operasi Katarak mata Gratis dan Pteregyum ini menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta, FK KMK UGM. Selain itu menggandeng juga YSP Taman Hidayah Cilacap, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

Bakti sosial ini berlangsung dua hari. Pada Sabtu (11/2/2023) berupa pendaftaran dan skrining di Klinik Pratama Rawat Jalan, Balai Kesehatan TNI AL Cilacap. Bagi pendaftar yang lolos skrining akan ada tindakan operasi di RSU Santa Maria Cilacap pada Minggu (12/2/2023).

Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo menyampaikan, bakti sosial operasi katarak mata tersebut rangka upaya terpadu. Tujuannya, katanya, mewujudkan masyarakat Kabupaten Cilacap dan sekitarnya menjadi sehat, cerdas, dan sejahtera.

Menurutnya, kegiatan tersebut bukan hanya sekadar tanggung jawab, namun menjadi keharusan guna membentuk kepedulian sosial dan rasa kemanusiaan.

Di hari pertama pendaftaran dan skrining, sedikitnya ada sekitar 250 warga Cilacap yang antusias mengikuti bakti sosial ini.

“Adapun targetnya sendiri sebanyak 50 orang penderita katarak. Dengan skala prioritas untuk mereka yang memiliki kondisi serius atau mengalami indikasi kebutaan. Begitu juga untuk target layanan operasi pteregyum yakni sejumlah 50 orang pasien,” ujar Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo.

Terbantu

Sementara itu, salah satu warga penderita katarak asal Kecamatan Bantarsari Cilacap, Taufik mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan Lanal Cilacap. Maka, dia berharap kegiatan serupa dapat terus berjalan setiap tahunnya.

“Harapannya kegiatan ini juga bisa lebih luas, yakni tidak hanya di perkotaan saja tapi juga di desa, seperti daerah saya,” harapnya.

Hadir dalam bakti sosial operasi katarak mata gratis dan pteregyum itu adalah Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos. Hadir juga Ketua Cabang 3 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Sri Sugeng Subayo, serta Para pengurus Jalasenastri Cab. 3 Korcab V DJA II.

Hadir juga Pgs. Palaksa Lanal Cilacap, Mayor Laut (T) Harry S. Wahyu, S. Sos, Dandenpomal Lanal Cilacap, Mayor laut (PM) Fajar Untung Tri Sutopo. Ketua Yayasan Sosial dan Pendidikan Taman Hidayah Cilacap, Ibu Andreas Nata, Pjs. KBK. Lanal Cilacap, Letda Laut (K) dr. Moh. Risky Nugraha beserta Tim BK Lanal Cilacap.

Berita Terkait

Berita Terkini