Sabtu, 13 Agustus 2022

Layani Konsultasi Parpol Jelang Pemilu 2024, KPU Banjarnegara Bentuk Helpdesk

Secara resmi, KPU RI sudah mulai membuka tahapan pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 pada 1 Agustus 2022. Untuk memberikan layanan di tingkat daerah, KPU Kabupaten Banjarnegara membentuk Helpdesk sebagai layanan konsultasi partai politik.


Banjarnegara, serayunews.com

Helpdesk ini secara resmi dibuka di KPU Banjarnegara. Helpdesk sebagai bentuk pelayanan KPU Banjarnegara dalam memberikan ruang konsultasi partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2024.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya mengatakan, Helpdesk ini nantinya akan memberikan layanan bagi partai politik yang ingin bertanya dan berkonsultasi. Layanan ini akan berlangsung hingga tahapan pendaftaran berakhir.

Baca juga  19 Kafilah Banjarnegara Berangkat ke Semarang Ikuti MTQ Jawa Tengah 2022

Menurutnya, pengurus partai politik bisa melakukan konsultasi terkait pendaftaran hingga verifikasi. Termasuk saat verifikasi faktual, pada 15 Oktober mendatang. Layanan konsultasi ini, tidak hanya masalah pendaftaran, tetapi juga terkait data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Untuk tahapan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu sudah resmi dibuka oleh KPU RI. Untuk tingkat kabupaten tidak ada penerimaan pendaftaran, kita hanya mengikuti saja,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan aturan yang ada, Pemilu 2024 berbeda dengan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019. Pada Pemilu 2024 semua berkas diunggah melalui aplikasi Sipol.

Baca juga  Sedimentasi Waduk Mrica dan Pengembangan Pariwisata Dieng, Jadi Sorotan Anggota DPD RI Saat Kunjungan ke Banjarnegara

Tahapan pendaftaran dan penyampaian dokumen partai politik mulai 1 Agustus hingga 14 Agustus 2022. Sedangkan penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi administrasi kepada partai politik dan Bawaslu, pada tanggal 14 September 2022. Adapun masa perbaikan dokumen persyaratan dan penyampaian dokumen persyaratan perbaikan, pada tanggal 15 hingga 28 September 2022.

Berikutnya, verifikasi administrasi perbaikan pada tanggal 29 September hingga 12 Oktober 2022. Penyampaian dan pengumuman rekapitulasi hasil verifikasi administrasi kepada partai politik dan Bawaslu pada tanggal 14 Oktober 2022.

Verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan pada tanggal 15 Oktober hingga 4 November 2022. Penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan kepada partai politik dan Bawaslu pada tanggal 9 November 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini