Sabtu, 29 Januari 2022

Libur Nataru, Pemudik Masuk Cilacap Wajib Bawa Bukti Vaksinasi

Pelaku perjalanan masuk perbatasan Cilacap diperiksa dan diminta menunjukkan bukti vaksinasi. Foto: dok

Sejumlah perbatasan masuk Kabupaten Cilacap diperketat saat libur Natal dan Tahun Baru. Petugas gabungan pun disiagakan di sejumlah pos pengamanan untuk memeriksa pemudik atau pelaku perjalanan yang akan masuk Cilacap. Mereka diminta menunjukkan bukti vaksinasi.


Cilacap, serayunews.com

Petugas gabungan dari Dishub, TNI, Polri, dan Satpol PP melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk Kabupaten Cilacap di sejumlah titik perbatasan. Baik perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah di Pos Mergo Dayeuhluhur dan Rawaapu Patimuan, serta Pos Perbatasan Kabupaten Banyumas dan Cilacap di Pos Sampang.

Baca juga  Tingkatkan Literasi, NU Care LAZISNU Cilacap Gencarkan Program Taman Baca Masyarakat

Petugas manyasar para pemudik atau pelaku perjalanan, baik yang menggunakan angkutan umum seperti bus, serta kendaraan pribadi hingga sepeda motor. Petugas juga memeriksa kartu vaksin dan melakukan sampling swab antigen.

Selain itu, untuk memastikan kondisi pemudik yang masuk Cilacap bebas dari Covid-19, petugas juga menyediakan vaksin dan swab antigen gratis di setiap posnya dengan melibatkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

“Dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru ini, kepolisian menyiapkan 13 pos pengamanan, tiga di antaranya pos perbatasan yang didirikan di tiga titik, seperti di Dayeuhluhur, Patimuan dan di Kecamatan Sampang,” ujar Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro.

Baca juga  Begini Penampakan Masjid Megah Al Qudwah Kampung Laut Bantuan Pertamina Cilacap

Pemeriksaan pelaku perjalanan di jalur perbatasan Cilacap akan terus diperketat selama Operasi Natal dan Tahun baru yang dimulai sejak tanggal 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

“Upaya ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 terutama varian Omicron yang saat ini sudah ditemukan di tanah air,” ujar Kapolres.

Editor :Kholil

Berita Terkait

Berita Terkini