Sabtu, 31 Juli 2021

Mantap, Transportasi Air di Halte Serayu Papringan Banyumas Mulai Diujicobakan

Pembukaan Transportasi Air di Halte Serayu Papringan oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono (Shandi Yanuar)

Setelah melalui pembangunan yang cukup panjang, akhirnya Transportasi Air di Halte Serayu Papringan mulai diujicobakan. Uji coba tersebut langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dengan menggunakan perahu milik Pesona Wista Kalisuren (PWK) Desa Papringan, Kecamatan Banyumas.


Banyumas, serayunews.com

“Anggaran perubahan mendatang sekitar bulan September, Pemkab Banyumas akan mengadakan perahu. Karena animo masyarakat yang cukup tinggi, makanya uji coba kita lakukan saat ini,” ujar dia, Minggu (20/6).

Sadewo menambahkan, sebenarnya Transportasi Air tersebut salah satu program “Hasta Krida” yakni program kerja Bupati dan Wakil Bupati, yang sudah digenjot hingga saat ini, dimana hasilnya sudah ada dua halte yakni di Desa Papringan dan Desa Tambaknegara.

“Tahun ini akan ditambah dua lagi dan tahun 2022, Dirjen Perhubungan Darat menjanjikan akan membangun Pelabuhan/Dermaga di Kedunguter Banyumas,” kata dia.

Dengan sudah adanya dua halte tersebut, Sadewo cukup terkejut, karena animo masyarakat yang sangat tinggi khususnya dari pegiat wisata. Dimana mereka bahkan sudah menyiapkan perahu sendiri.

“Tadinya saya kira mereka enggan, sehingga Pemda akan memancing, dengan membeli perahu dulu tetapi banyak kelompok masyarakat yang sudah siap. Dinas Perhubungan sendiri sudah melatih mereka tentang keselamatan, sehingga para penumpang nantinya aman,” ujarnya.

Harapnnya, perahu yang ada di halte-halte tersebut bukan hanya untuk angkutan wisata saja, juga ada perahu makan dan lainnya, seperti yang berada di Benua Eropa.

“Pengembangan lebih besar ke wisata, namun jika Bendara sudah runing well, sekarang baru semingu berapa kali, ia optimis warga sekitar sini akan memilih angkutan ini karena lebih cepat karena tidak macet. Saya berharap nantinya Sungai Serayu akan ramai hilir mudik perahu, di beberapa halte akan banyak warga berjualan makanan khas Banyumas untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Sementara itu menurut, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, uji coba dan awal kegiatan Angkutan Sungai Serayu (Angsamas) jika dianggap lancar, tahap selanjutnya yakni akan dibuat trayek dan penetapan tarif. Menimbang banyaknya operator yang sudah ingin bergabung.

“Dalam uji coba ini tarif masih kesepakatan antara penumpang dan pemilik perahu,” kata dia.

Agus menambahkan setelah dua halte ini, akan dibangun lagi dua halte di Desa Tumiyang Kecamatan Kebasen dan di Sokawera Kecamatan Patikraja pada tahun 2021 ini.

“Pada tahun 2022 Dirjen Perhubungan Darat berencana membangun Pelabuhan/Dermaga di Kedungunter Banyumas. Angkutan ini nantinya untuk pariwisata dan transportasi air dan saling terkoneksi antara Dermaga dan halte-halte,” ujarnya.

Baca juga Mulai Besok, Tes GeNose-19 Bisa Dilakukan di Stasiun Cilacap, Ini Waktu Pelaksanaannya

Berita Terkait

Berita Terkini