Sabtu, 31 Juli 2021

Mulai Besok, Tes GeNose-19 Bisa Dilakukan di Stasiun Cilacap, Ini Waktu Pelaksanaannya

Pelayanan tes GeNose di PT KAI Daop 5 Purwokerto (Shandi Yanuar)

Mulai hari Senin (21/6/2021), masyarakat Kabupaten Cilacap yang hendak melakukan penjalanan jauh dengan menggunakan jasa Kereta Api (KA) tidak perlu kerepotan untuk mamemunuhi salah satu syarat menaiki KA yakni terkait tes Covid-19. Karena, PT KAI Daop 5 Purwokerto akan menyediakan layanan GeNose-19 di Stasiun Cilacap.


Purwokerto, serayunews.com

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi mengatakan, penyediaan layanan pemeriksaan GeNose di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Selain juga sebagai wujud komitmen KAI untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan disiplin prokes yang ketat pada transportasi umum.

“Bagi pelanggan yang sudah mempunyai kode booking tiket KA jarak jauh yang telah dibayar, dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 dengan biaya Rp 30.000 serta menunjukkan kartu identitas asli,” kata dia, Minggu (20/6).

Ayep menambahkan, yang hendak melakukan tes GeNose selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, dilarang merokok, makan, dan minum kecuali air putih. Hal itu untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

“Kemudian yang perlu diperhatikan lagi, saat melakukan pemeriksaan GeNose, hal yang harus diperhatikan adalah pengambilan napas yang dalam melalui hidung dan diembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali. Pengambilan napas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup. Sedangkan pengambilan napas ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai dengan kondisi kantong udara penuh,” ujarnya.

Setelah memenuhi prosedur tersebut, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara. Jika kedapatan calon penumpang dengan hasil pemeriksaan menunjukkan hasil positif, calon penumpang akan diminta membatalkan perjalanan.

“Calon penumpang dipersilakan menukar tiket dengan uang kembali (refund) di loket. Refund tiket akan dikembalikan secara transfer ke rekening bank dalam kurun waktu 14 hari kerja,” kata dia.

Untuk jam pelayanan pemeriksaan Genose-19 di Stasiun Cilacap, khusus tanggal 20 Juni 2021 akan dilakukan uji coba layanan pemeriksaan Genose-19 mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, dan mulai tanggal 21 juni 2021, selama bulan Juni jam pelayanan pemeriksaan Genose-19 akan dimulai pukul 12.00 – 18.00 WIB. Sedangkan per-tanggal 2 Juli 2021 jam layanan pemeriksaan akan diatur sebagai berikut:
– Pagi mulai pukul 04.30 – 06.00 WIB
– Siang mulai pukul 12.00 – 18.00 WIB

“Selain berkas pemeriksaan Covid-19 dengan hasil negatif, untuk dapat menggunakan KA jarak jauh pelanggan KA juga harus memenuhi syarat lainnya, yakni memiliki suhu tubuh normal maksimal 37,3°C. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan di stasiun saat akan berangkat dan secara berkala sepanjang perjalanan KA,” kata dia.

Baca juga Ribuan Orang Datangi Gor Wijayakusuma Rinjani Cilacap, ada Apa?

Berita Terkait

Berita Terkini