Selasa, 24 Mei 2022

Operasi Ketupat Candi Berakhir, Selama Arus Mudik Lebaran 2022 Tidak Ada Korban Meninggal di Purbalingga

Operasi Ketupat Candi Berakhir, Selama Arus Mudik Lebaran 2022 Tidak Ada Korban Meninggal di Purbalingga. (Amin)

Operasi Ketupat Candi tahun 2022, telah selesai dilaksanakan. Selama masa pelaksanaan, terjadi lima peristiwa kecelakaan tanpa korban meninggal dan lima kasus kriminalitas.


Purbalingga, serayunews.com

Kapolres Purbalingga, AKBP Era Johny Kurniawan menyampaikan, secara umum pelaksanaan selama arus mudik dan balik tahun ini berlangsung aman dan lancar.

“Kami sampaikan bahwa selama kegiatan Operasi Ketupat Candi 2022 situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Purbalingga secara umum aman dan kondusif. Termasuk arus mudik dan arus balik,” kata Kapolres didampingi Wakapolres, Kompol Pujiono dan Kabag Operasi, Kompol Totok Nuryanto, Selasa (10/5/2022) siang.

Baca juga  Jadi Lokasi Salat Id, Alun-Alun Purbalingga Disemprot Disinfektan

Dijelaskan, bahwa selama Operasi Ketupat Candi 2022 di wilayah Kabupaten Purbalingga terdapat lima kasus kecelakaan lalu lintas. Jumlah tersebut, masih sama dengan pelaksanaan Operasi Ketupat tahun sebelumnya. Namun jumlah korban meninggal dunia, mengalami penurunan.

“Pada Operasi Ketupat Candi tahun lalu, terdapat satu korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Untuk tahun ini tidak ada korban meninggal akibat kecelakaan saat operasi berlangsung. Dari lima kasus kecelakaan, hanya terdapat 7 korban luka ringan,” katanya.

Sedangkan kriminalitas, mengalami penurunan. Tahun sebelumnya delapan kasus, tahun ini hanya ada lima kasus kriminal. Kasus yang terjadi adalah kasus pencurian dengan pemberatan.

Baca juga  Kecelakaan! Rem Blong, Mobil Pemudik asal Jakarta Terguling di Purbalingga

Terkait jumlah pemudik yang masuk wilayah Kabupaten Purbalingga melalui terminal Purbalingga dan Terminal Bobotsari, tercatat ada 4.342 orang. Sedangkan kendaraan masuk, sebanyak 51.265 untuk roda empat dan 6.819 roda dua. Saat arus balik tercatat ada 64.521 kendaraan roda empat dan 8.235 roda dua keluar wilayah Kabupaten Purbalingga.

Selama masa arus mudik dan balik, Polres Purbalingga lakukan antisipasi potensi gangguan dengan mendirikan pos pengamanan dan pos pemantauan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami lakukan pengaturan dan penarikan kendaraan saat lalu lintas padat untuk mengurai arus di sejumlah titik saat arus mudik maupun arus balik. Selain itu, diberikan layanan fasilitas bagi pemudik seperti bengkel, tambal ban, Pertamini serta gerai vaksin di pos pengamanan,” katanya.

Baca juga  Kapolres Banjarnegara, Cek Kesiapan Posko Operasi Ketupat Candi 2022

Kapolres menambahkan, bahwa setelah kegiatan Operasi Ketupat Candi 2022 selesai, Polres Purbalingga akan melanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 10 – 17 Mei 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini