Selasa, 24 Mei 2022

Padat Karya Tunai Desa, Fasilitasi Petani Muda Desa Kasih Kertanegara

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menanam pohon dalam kegiatan Padat Karya Tunai Desa (dok istimewa)

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Melalui satu program, dua sampai tiga tujuan tercapai. Begitulah program yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kasih, Kecamatan Kertanegara Purbalingga. Selain mengurangi pengangguran, pihak desa juga mensosialisasikan ke generasi muda untuk bertani untuk tujuan profit.


Kertanegara, serayunews.com

Kepala Desa (Kades) Kasih, Supriyadi menyampaikan, kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) memberdayakan Pemuda Tani. Kegiatan ini berawal dari para pemudik perantauan Desa Kasih yang pada awal pandemi lalu jadi pengangguran. Namun kemudian mereka bangkit dan bergerak membentuk Pemuda Tani.

Baca juga  Besok! Kompetisi Internal PSSI Purbalingga Mulai Digelar 

“Pemuda Tani yang tergabung menamai kelompoknya Surya Muda, beranggotakan sebanyak 50 orang. Dipekerjakan untuk menanam 2000 bibit pohon Jambu Kristal Merah di tanah desa Dusun I seluas 2 hektar,” kata Supriyadi, Minggu (09/05/2021).

Dijelaskan, kegiatan ini menggunakan Dana Desa (DD) 2021, sebesar Rp 200 juta.  Sebanyak Rp 100 juta diantaranya untuk belanja barang dan Rp 100 juta untuk para pekerja. Pihaknya juga berharap agar bupati turut mendorong kegiatan ini lancar dan sempurna.  Satu diantaranya dengan fasilitasi alat pertanian, salah satunya traktor.

“Di sini tanahnya tadah hujan, jadi membutuhkan sumur bor untuk penyiraman ketika menghadapi musim kemarau,” katanya.

Baca juga  Prakiraan Cuaca di Purbalingga Hari Ini, 25 April 2022

Program ini bertujuan untuk memberi pekerjaan mereka yang sudah kehilangan pekerjaan. Dipilihnya sektor pertanian karena hanya bertani yang bisa mereka lakukan untuk memajukan ekonomi.

Kegiatan Padat Karya Tunai Desa, Desa Kasih Kertanegara

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan, padat karya tunai desa merupakan program yang dicanangkan pemerintah pusat yang harus disukseskan bersama. “Semoga kegiatan ini menginspirasi desa-desa yang lain di Purbalingga sehingga padat karya tunai desa bisa terus dilaksanakan dan digulirkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Baca juga  Alhamdulillah, 500 Guru Ngaji di Purbalingga Dapat THR Idulfitri

Terkait dengan aspirasi Pemuda Tani Surya Muda di bidang pertanian, bupati siap membantu melalui fasilitasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga. Termasuk juga jika ada jalan usaha tani yang perlu dibangun Pemkab Purbalingga siap memfasilitasi.

“Termasuk saya berjanji di anggaran perubahan kelompok Pemuda Tani Surya Muda akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Purbalingga,” kataTiwi.

Terkait dengan usulan pembangunan sumur bor untuk pertanian, realisasinya akan dikawal langsung oleh Karseno SH selaku Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga dari dapil setempat. Bupati berpesan agar masyarakat Desa Kasih untuk tetap semangat dan terus berjuang dan bergerak untuk memajukan Purbalingga.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini