Minggu, 19 September 2021

Peduli Pada Masyarakat, Mahasiswa KKN-T IPB 2021 Ajarkan Pembuatan Pakan Silase dan Pupuk Kandang di Masa Pandemi

Sebagai bentuk kepedulian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam kelompok Cilacap 01 memberikan edukasi mengenai pembuatan pakan silase (awetan pakan) dan pupuk kandang kepada masyarakat Dusun Bogemanjir, Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap melalui media youtube, buku panduan serta poster.

Kegiatan ini ditujukan kepada peternak sapi dan kambing yang berada di Dusun Bogemanjir, terutama untuk peternak yang masih belum maksimal dalam memanfaatkan limbah ternak tersebut. Selain itu, tujuan dari kegiatan tersebut yaitu guna memperkenalkan pengawetan pakan silase pada peternak sapi, peternak kambing dan memperkenalkan cara pembuatan pupuk kandang dengan memanfaatkan limbah ternak agar bisa digunakan untuk pupuk tanaman.

“Dusun Bogemanjir memiliki potensi pada peternak sapi dan kambing, akan tetapi dalam pemanfaatan limbah ternaknya dinilai masih kurang sehingga kami mencanangkan sosialisasi bagaimana memanfaatkan pupuk kandang sekaligus bagaimana membuat awetan pakan silase”, Kata Bayu Tri Atmojo selaku Ketua Mahasiswa KKN-T IPB Kelompok Cilacap 01.

Bayu menambahkan, bahan utama pada pembuatan silase sangat mudah didapatkan dimana bahan yang diperlukan yaitu rumput gajah. Kemudian untuk pupuk kandangnya sendiri menggunakan kotoran ternak yang sudah mengering atau tercampur dengan tanah serta beberapa bahan tambahan seperti molases dan katul (dedak) untuk pembuatan awetan pakan dan pembuatan pupuk menggunakan EM 4.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat khususnya perternak sapi dan kambing di Dusun Bogemanjir bisa memanfaatkan lebih jauh limbah ternaknya dan bisa membuat awetan pakan secara mandiri yang nantinya awetan pakan tersebut bisa dipakai sebagai tambahan nutrisi untuk ternaknya”, Ucap Bayu Tri Atmojo (AK).

Penulis : Anisa Kusumawati

Editor :Tim Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini