Jumat, 12 Agustus 2022

Pemerintah Siapkan Set Top Box Gratis untuk Warga Purbalingga, Berikut Cara Mendapatkannya

Ilustrasi set top box.

Akhir April ini akan dimulai migrasi dari TV analog ke TV Digital, tidak terkecuali dengan wilayah Kabupaten Purbalingga. Sebagai konsekuensi, pemerintah memberikan alat bantu berupa Set Top Box gratis.


Purbalingga, serayunews.com

Set Top Box merupakan sebuah perangkat pendukung bagi TV yang belum memenuhi syarat digital atau TV lama yang ada di masyarakat. Sehingga masyarakat tetap bisa menikmati tayangan televisi.

Dinkominfo Purbalingga memastikan akan memberi bantuan set top box bagi warga yang kurang mampu.

“Wilayah Kabupaten Purbalingga ikut gelombang pertama, yakni 30 April,” kata Kepala Dinkominfo Purbalingga, Jiah Palupi.

Baca juga  Ratusan ASN di Purbalingga Pensiun, Pemkab Sudah Antisipasi Isi Kekosongan 

Masyarakat bisa mendapatkan set top box gratis dengan cara mengajukan permintaan. Caranya, bisa dengan mengunjungi website dtks.kemensos.go.id, pilih tanda  garis tiga pada pojok kanan atas, dan pilih menu CEK PENERIMA BANSOS. Masukkan informasi alamat tinggal dan nama Anda sesuai dengan KTP, Tulis captcha sesuai contoh gambar, lalu pilih CARI DATA.

“Jadi modelnya masyarakat mengajukan dulu lewat aplikasi bansos dan memilih menu bantuan STB,” ujarnya.

Berdasarkan data Kemensos yang telah terverifikasi, ada sekitar 6,7 juta kebutuhan set top box bagi warga dengan kategori kurang mampu. Dari kebutuhan tersebut, pemerintah menyediakan 1 juta set top box dan sisanya sesuai dengan UU No 11 Tahun 2020 harus disediakan oleh LPP dan LPS. Distribusi set top box akan dilakukan oleh PT Pos yang dikirimkan secara langsung by name by address berdasarkan ajuan dari masyarakat.

Baca juga  Era Motor Listrik Makin Dekat, Perajin Knalpot Purbalingga Ketar-ketir?

Jiah menjelaskan, bantuan set top box akan didistribusikan melalui PT Pos Indonesia. Bantuan ini l, merupakan bagian konsekuensi kebijakan pemerintah dalam menyelenggarakan siaran tv digital, khususnya bagi warga kurang mampu. “Penyediaan set top box gratis ini disediakan oleh usaha stasiun televisi dan pemerintah Indonesia,” kata dia.

Lebih lanjut Jiah menjelaskan, bagi warga yang sudah tercatat di DTKS Kementerian Sosial, juga dapat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos di Play Store. Lalu pilih menu daftar usulan. kemudian, pada menu daftar usulan pilih menu tambah usulan, kemudian dengan masukkan NIK KTP dan KTP, dan, sistem akan memvalidasi, serta mencocokkan data, apakah sudah sesuai atau belum.

Baca juga  Ratusan Penghayat Cilacap Doakan Ganjar di Lokasi Keramat

“Jika nama sudah tervalidasi, selanjutnya bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan, salah satunya adalah pemberian alat Set Top Box gratis,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini