Sabtu, 13 Agustus 2022

Pengadilan Agama Purwokerto Kabulkan Tiga Pengajuan Poligami, Ternyata Syaratnya Cukup Rumit

Pengadilan Agama Purwokerto. (Dok istimewa)

Sejak awal Tahun 2022 hingga pertengahan tahun ini, Pengadilan Agama (PA) Purwokerto mencatat, ada empat pengajuan izin poligami seorang suami memiliki dua istri.


Purwokerto, serayunews.com

Humas PA Purwokerto, Asnawi menyampaikan, sudah ada tiga pengajuan. Sementara satu pengajuan lagi, masih dalam proses karena baru pengajuan belum lama ini.

Menurut Asnawi, PA Purwokerto tidak mengabulkan semua pengajuan poligami. Sebab, harus ada alasan kumulatif dan alasan alternatifnya.

“Alternatif itu apabila istri tidak bisa menjalankan kewajiban sebagai istri, lalu dalam keadaan sakit-sakitan, atau istri tidak punya keturunan. Kemudian syarat kumulatif adalah persetujuan dari istri, bahwa istri tidak keberatan dimadu. Ada pula surat pernyataan suami, nanti akan berlaku adil,” katanya.

Baca juga  Gawat! Hingga Agustus 2022, PPA Polresta Banyumas Tangani 15 Kasus Persetubuhan Anak Usia Belasan

Dari dua syarat tersebut, pemohon boleh mengajukan satu di antaranya untuk permohonan poligami. Misalnya hanya persetujuan dari istri saja, maka permohonan pun bisa terkabulkan.

“Pernah terjadi, saat itu ada izin dari istri secara tertulis. Namun, setelah pendekatan psikologis menangis dan mengaku dengan terpaksa memberikan izin, maka dari itu majelis hakim menolak permohonan,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini