Sabtu, 8 Oktober 2022

Pengumuman! Pabrik Garmen di Karangsari Adipala Beroperasi, Membuka Lapangan Kerja Baru

Camat Adilapa Teguh Prastowo (kiri) Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman (tengah) Komisaris PT. Manggala Jaya Garment Rasdianto (kanan) secara simbolis memotong pita pembukaan Pabrik Industri Garmen, (Foto : Ulul Azmi).

Sebuah pabrik yang bergerak di bidang industri garmen kini telah beroperasi di wilayah Desa Karangsari Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Keberadan pabrik tersebut setidaknya membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan perekonomian warga Karangsari Adipala dan sekitarnya.


Adipala, serayunews.com

Pengoperasian pabrik garmen PT Manggala Jaya Garment dibuka Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, diawali dengan pembukaan pendidikan dan pelatihan (diklat) 3in1 operator sewing onsite di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala Cilacap.

Wabup menyampaikan, bahwa salah satu tantangan berat yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dewasa ini adalah adanya jumlah pengangguran yang tinggi dan senantiasa bertambah dari waktu ke waktu terutama akibat dari pandemi Covid-19.

“Imbas dari pandemi Covid-19 luar biasa, banyak yang akhirnya di PHK kemudian pulang kampung dan menjadi pengangguran. Saat ini para peserta yang hadir di sini merupakan yang beruntung karena diberikan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan, oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya saat membuka Pabrik PT. Manggala Jaya Garment sekaligus diklat 3in1 operator sewing onsite di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala pada Kamis (20/01/2022).

Wabup juga berterima kasih dengan adanya pabrik baru di Desa Karangsari karena tidak hanya membantu Pemkab menekan angka pengangguran namun juga akan sangat membantu bangkitnya perekonomian Kabupaten Cilacap.

“Ini adalah sebuah pembangunan ekonomi yang luar biasa. Nantinya dengan adanya pabrik di sini, para pegawai akan butuh makan siang atau sekadar kopi dan jajan, otomatis akan ada penjual makanan. Sehingga tidak hanya angka pengangguran berkurang namun juga menumbuhkan perekonomian di sekitarnya,” ujarnya.

Komisaris PT. Manggala Jaya Garment Rasdianto. Foto: ulul azmi

Berdirinya pabrik garmen tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Pemkab Cilacap. Diharapkan, nantinya pabrik tersebut dapat membuat produk garmen yang dapat menjadi brand lokal asli Cilacap.

“Kami sangat mendukung cita-cita dari PT. Manggala Jaya Garment ini untuk dapat menciptakan brand lokal asli Cilacap. Insyaallah kami dari Pemkab siap mendukung,” kata Wabup.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) 3in1 operator sewing onsite di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala Cilacap. Foto: ulul azmi

Sementara itu, Komisaris PT. Manggala Jaya Garment Rasdianto mengatakan, bahwa antusias masyarakat yang berminat untuk masuk dan mengikuti diklat operator sewing onsite di PT. Manggala Jaya Garment sangat besar. Para peserta pelatihan juga mendapatkan sertifikat pelatihan menjahit yang bisa dipergunakan untuk mendaftar kerja di industri garmen manapun.

“Sampai saat ini sudah mencapai 500 orang lebih, antusias masyarakat Cilacap luar biasa. Kami mendedikasikan diri untuk membangun suatu ekonom baru, insyaallah PT. Manggala Jaya Garment mampu menumbuhkan ekonomi di Cilacap,” ujarnya.

Selain membuka lapangan kerja bagi masyarakat, keberadaan pabrik garmen tersebut juga mendorong tumbuhnya sektor perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan membuka usaha di sekitar pabrik.

“Harapannya kepada BDI (Balai Diklat Industri) untuk menambah kuota pelatihan di Kabupaten Cilacap, mengingat anak-anak untuk belajar, saya minta didik dengan penuh kesabaran supaya anak-anak itu bisa dan siap dipekerjakan di industri garmen,” harapnya.

Kepala Desa Karangsari Nasukin menyambut baik adanya sektor industri garmen di wilayahnya, yang diharapkan bisa membuka lapangan kerja bagi warga desanya, yang dinilai masih banyak pengangguran. Sehingga anak muda di usia produktif bisa bekerja di pabrik tersebut.

“Pemerintah desa sangat mendukung demi kemajuan dan perekonomian yang meningkat. Kami harapkan kepada masyarakat Desa Karangsari karena ini baru launching, misalkan nanti ada yang belum terakomodir untuk bekerja untuk bersabar. Nanti secara bertahap kita usulkan kepada direksi PT Manggala Jaya Garmen agar bisa dipekerjakan di situ,” ujarnya.

Acara pembukaan pabrik PT. Manggala Jaya Garmen diawali dengan penyematan kartu tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta, dilanjutkan dengan penabuhan gong serta pemotongan tumpeng dan ditutup dengan pemotongan pita. Acara dihadiri Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Balai Kerja Industri (BDI) Jakarta, Jajaran Direksi PT. Manggala Jaya Garment, Pemerintah Desa Karangsari dan sejumlah tamu undangan.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini