Jumat, 24 September 2021

Perpusdes Kedungwuluh Lor Jadi Jawara se Banyumas

Penyerahan penghargaan kepada Perpusdes Kedungwuluh Lor. (Shandi)

Perpustakaan Desa (Perpudes) Kedungwuluh Lor, Kecamatan Patikraja berhasil menyabet juara satu dalam Lomba Perpustakaan Desa 2021 yang digelar oleh Dinas Arsip dan Peprustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Banyumas. Perpusdes Kedungwuluh Lor mengalahkan kontestan lain dari 30 kelurahan dan 301 desa se Kabupaten Banyumas.


Purwokerto, serayunews.com

Bunda Literasi Kabupaten Banyumas, Erna Husein mengungkapkan, jika Desa Kedungwuluh Lor pantas mendapatkan juara satu dengan apa yang telah mereka berikan kepada masyarakat. Dia mengaku perpudes tersebut sudah cukup lengkap.

“Alhamdulillah Kedungwuluh Lor, Kecamatan Patikraja yang mendapatkan juara 1, karena memang bagus, kita pernah ke sana, terlihat bagus komplit, juga ada tempat edukasi untuk anak – anak, juga tempat wisata kecil di situ. Kemudian tidak hanya memasang buku – buku tetapi mereka juga ada pelatihan – pelatihan dan lain sebagainya,” ujar dia setelah penyerahan penghargaan di Purwokerto Smart Room Graha Satria Purwokerto di sela-sela acara Webinar Tantangan Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan Berbasis Inklusi Sosial, Kamis (26/8).

Erna juga berharap bahwa adanya perlombaan tersebut dapat memacu desa-desa lainnya untuk meningkatkan perpudesnya. Selain bisa meningkatkan minat baca masyarakat juga mampu bersaing ketika adanya lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Di situ banyak inovasi, banyak kreativitas masyarakat di situ juga. Kemudian tidak hanya mereka membaca buku tetapi juga teknologi ini disandingkan kepada mereka karena memang sekarang kita harus bisa mengejar teknologi yang ada. Dan tentunya di Kedungwuluh Lor ini jauh lebih baik dibanding yang lain. Tetapi yang lain juga sudah mulai membaik,” katanya.

Dari perlombaan tersebut, juara I Perpustakaan Jendela Ilmu Desa Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja, Juara II Perpustakaan Segara Ilmu Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur, juara III Perpustakaan Griya Ilmu Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen, juara harapan I Perpustakaan Griya Pustaka Desa Piasa Kulon Kecamatan Somagede, dan juara harapan II Perpustakaan Widya Pustaka Desa Jambu Kecamatan Wangon.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Arpusda Banyumas, Joko Wikanto menjelaskan bahwa dengan adanya perlombaan tersebut, dapat memacu perpustakaan desa atau kelurahan sebagai sumber informasi dan ilmu serta wahana belajar yang mandiri. Sehingga, terwujud masyarakat yang cerdas, berpengetahuan luas, kreatif dan sejahtera dalam berinovasi di era global.

“Juara perpustakaan umum dalam arti di sini Desa Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja tentu saja akan kita bina sehingga nanti saatnya ada permintaan dari provinsi untuk mewakili kabupaten, sudah tidak begitu kaget dalam arti persiapan sudah kita matangkan, tentunya baik secara pembinaan teknik dalam hal ini kaitan bantuan buku atau masalah personel dinas tetap akan selalu mengawal mereka,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini