Selasa, 6 Desember 2022

Polisi Perketat Pengamanan Gereja di Banyumas

Sejumlah gereja prioritas dilakukan penjagaan secara ketat oleh anggota kepolisian Polresta Banyumas, menjelang perayaan Natal 2020. Langkah ini dilakukan salah satunya untuk pengetatan protokol kesehatan.


Banyumas, Serayunews.com

Untuk pengamanan, Polresta Banyumas mendirikan sejumlah posko pengamanan di gereja yang tersebar di Kabupaten Banyumas, Rabu (23/12).

“Kita telah mendirikan sejumlah pos pengamanan yang ditempatkan di depan gereja. Terutama di gereja prioritas,” ujar Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka saat mengunjungi Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto.

Kapolresta menambahkan, pengamanan Natal tahun ini sedikit berbeda, dimana pihaknya mengedepankan penekanan terhadap penerapan protokol kesehatan serta memecah potensi kerumunan. Hal itu senada dengan peraturan yang diterapkan oleh pihak gereja, dimana mereka hanya menerima jemaat lokal sedangkan dari luar kota bisa mengikuti ibadah secara online melalui youtube.

Hal tersebut dibenarkan oleh Pastor Kepala Paroki Katedral Kristus Raja Purwokerto, Romo Parjono. Untuk jemaat pada ibadah Natal nanti, hanya jemaat yang sudah mendaftar secara online yang dapat masuk.

“Untuk jemaat luar kota, tidak dapat beribadah di gereja katedral meskipun mereka sudah mendaftar online. Mereka bisa mengikuti ibadah secara online melalui channel Youtube Paroki Katedral,” ujarnya.

Pada ibadah Natal nanti, pihak gereja menyediakan 300 tempat duduk untuk jemaat, meski kapasitas normalnya mencapai 1.000 jemaat. Dalam perayaan Natal nanti ada delapan peribadatan yang dibagi dalam tiga hari.

“Saat malam natal dibagi tiga kali sesi, kemudian dihari natalnya empat kali dan hari berikutnya satu kali,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini