Rabu, 1 Desember 2021

PP Banyumas Gelar Unjuk Rasa, Menanggapi Pernyataan Kontroversial Junimart Girsang

Ratusan anggota MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Banyumas melakukan aksi unjuk rasa di Alun-alun Purwokerto, Kamis (25/11). (Shandi) 

Ratusan anggota MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Banyumas melakukan aksi unjuk rasa di Alun-alun Purwokerto, untuk meminta pengusutan atas pernyataan Junimart Girsang. Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakil Rakyat (DPR) RI Junimart Girsang melontarkan pernyataan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membuarkan organisasi masyarakat (ormas) PP.


Purwokerto, serayunews.com

Dalam aksi damai tersebut, sejumlah anggota PP mendatangi Alun-alun Purwokerto. Mereka melakukan aksi damai dengan menyerukan aspirasi mereka atas pernyataan anggota DPR RI tersebut. Mereka juga membawa bendera Merah Putih serta bendera ormas, Kamis (25/11).

Menurut keterangan Wakil Ketua Umum I MPC PP Banyumas, Edy Sarwono dengan adangan adanya pernyataan dari Junimart sangat melukai hati seluruh anggota PP di Indonesia termasuk Kabupaten Banyumas.

“Pemuda Pancasila adalah benteng Pancasila. Permintaan maaf boleh, tetapi proses hukum tetap berjalan,” ujarnya di tengah-tengah aksi tersebut.

Edy juga menyesalkan, dengan penyataan Junimart yang tidak sesuai dengan fakta-fakta ormas PP. Bahkan pihaknya menganggap hal tersebut sangat menyudukan PP yang selama ini selalu berpedoman pada Ideologi Negara sebagai dasar AD/ART. Sehingga pihaknya menutut agar Junimart juga mencabut pernyataan melalui media massa dan meminta maaf kepada keluarga besar PP.

Di tengah-tengah aksi tersebut, Ketua DPRD Banyumas, Budhi Setiawan menyampaikan, bahwa pihaknya akan menyampaiakan pernyataan sikap PP Banyumas kepada DPR RI. Bahkan, Ia pun sempat meminta maaf lantaran anggota PDIP telah menyatakan pernyataan seperti itu kepada ormas PP.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kita tidak pernah bohong dan jaga kerukunan karena kita adalah orang Banyumas,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini