Selasa, 28 September 2021

Program Jajag Jujug di Purbalingga Dinilai Efektif, Ternyata Omsetnya Capai Rp 73 Juta, Seperti Apa?

program jajag-jujug, belanja online, berita terkini, berita hari ini, program jual beli purbalingga
Ketua Dekranasda Rizal Diansyah. (Amin)

Program belanja online ‘Jajag-Jujug’ yang digagas Pemkab Purbalingga dinilai cukup efektif. Sejak diluncurkan sekitar 1 tahun lalu, omset sudah mencapai Rp. 73.287.200. Bertujuan untuk meningkatkan transaksi, kali ini menggandeng pihak Darma Wanita Persatuan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua Dekranasda Rizal Diansyah mengatakan, Jajag-Jujug ini kan melibatkan pedagang pasar dan paguyuban ojek online. Program tersebut bertujuan untuk mempermudah distribusi barang sekaligus mendukung kebijakan pemerintah menangani pandemi Covid-19, yakni, phisical distancing.

“Progres selama 1 tahun lebih sudah cukup baik, namun kita ingin akselerasi, oleh sebab itu hari ini kami menggandeng pihak Darma Wanita Persatuan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga,” Rizal Diansyah, dalam rapat koordinasi yang berlangsung di Ruang Ardi Lawet, Selasa (31/08/2021).

Rizal menyampaikan, Bupati sudah mengeluarkan surat edaran namun yang dituju kepala dinas. Namun, kurang efektif. Oleh karena itu, kali ini ibu-ibu yang kita libatkan langsung. “DWP dan PKK merupakan ujung tombak pembelanjaan dalam rumah tangga,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinperindag Johan Arifin menambahkan capaian kinerja jujag-jujug selama 2021 (s/d 26 Agustus) sudah meraup omset sebesar Rp. 73.287.200 dengan 461 transaksi.

“Kalau dirata-rata per bulan omsetnya sekitar 9 juta dengan pelanggan 58 orang,” katanya.

Saat ini sudah dilakukan berbagai perbaikan pelaksanaan program jujag-jujug, seperti, penyediaan customer service, penyederhanaan sistem dan perbaikan kualitas barang. “Kami juga sudah mempermudah sistem pembayaran, bisa melalui transfer ataupun scan barcode untuk e-money,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Ny. Rusminem Sudono menyatakan siap untuk mensukseskan program Jujag-Jujug. “Kami siap menggerakan seluruh jajaran PKK untuk mensukseskan program-program pemerintah, termasuk Jujag-Jujug,” katanya.

Dalam waktu dekat, PKK akan menyelenggarakan sosialisasi untuk seluruh anggotanya mengenai program tersebut. “Kami juga akan membuat surat edaran tentang Jujag-Jujug agar Jujag-jujug diketahui oleh seluruh anggota,” imbuhnya

Hal serupa juga disampaikan oleh Darma Wanita Persatuan. “Sebagai istri ASN kami siap untuk mendukung Jujag-Jujug agar lebih sukses kedepannya,” ujar Ny. Dyah, istri Pj. Sekda Agus Winarno.

Sebagai informasi, Jujag-jujug Purbalingga bisa diakses dengan menghubungi customer service melalui whatsApp bussines ke nomor 081227611117. Pembeli tinggal menyebutkan pesanan, barang akan dipilihkan dan kemudian diantarkan sampai tujuan.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini