Minggu, 27 November 2022

Ratu Karaton Kasunanan Surakarta Kukuhkan Paguyuban Kusuma Handrawina di Cilacap

Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat mengukuhkan Paguyuban Kusuma Handrawina Kabupaten Cilacap di Pendapa Wijayakusuma Cakti Cilacap, Rabu (27/7/2022). (Ulul Azmi)

Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengukuhkan Paguyuban Kusuma Handrawina Kabupaten Cilacap. Paguyuban akan mengenalkan dan melestarikan tradisi budaya Karaton Kasunanan Surakarta termasuk di Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta Forkopimda menyambut kedatangan Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Penyambutan berlangsung di Pendapa Wijayakusuma Cakti Cilacap, Rabu (27/7/2022).

Wakil Parintah Karaton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pangeran Aryo Widodo mengatakan pengurus paguyuban ini adalah garis terdepan. Pengurus terdepan dalam menyebarluaskan budaya dan akan menjadi contoh bagi masyarakat Cilacap.

“Tujuh belas orang ini adalah orang-orang yang ngangsu kaweruh ke Karaton Surakarta dengan ikhlas. Selain itu  juga mengajukan diri sebagai abdi dalem,” ujarnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat menerima penghargaan dari Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (27/7/2022). (Ulul Azmi)

Adapun Paguyuban Kusuma Handrawina Kabupaten Cilacap diketuai oleh M.Ng.R. Sasmita Wijaya Diprojo, M.Ng.R. Musta’in Sonjaya Prasetyo, dan M.Ng. Sofiyudin Ali Zubair Prasetyo S.Pd.

Sementara, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melalui Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Paiman mengharapkan keberadaan paguyuban ini menjadi wadah bagi warga Surakarta yang ada di Cilacap. Paguyuban juga dapat menjadi fasilitator dan mediator berbagai kepentingan, baik hubungannya dengan Pemerintah Daerah maupun dengan organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Saya percaya, Paguyuban Kusuma Handrawina di Kabupaten Cilacap mampu menggugah dan berperan nyata dalam pemberdayaan masyarakat. Juga berperan dalam pembangunan desa dan pelestarian Sumber Daya Manusia dalam semangat kebersamaan,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini