Selasa, 29 November 2022

RS Priscilla Sampang Sebagai Tempat Isolasi Terpusat, Bukan RS Rujukan Covid-19

Penyerakan SK Operasional RS Priscilla Medical Center (Ulul Azmie)

Setelah mengantongi ijin operasional dari Bupati Cilacap, Rumah Sakit Priscilla Medical Center Sampang mulai dioperasikan pada Selasa (25/05). Rumah sakit tersebut sementara dipergunakan untuk isolasi terpusat pasien Covid-19 tanpa gejala dari 33 tenaga kesehatan RSUD Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi menyampaikan, RS Priscilla sudah diberikan ijin operasional penuh melalui SK yang diserahkan langsung oleh Bupati Cilacap kepada direktur rumah sakit.

Meski demikian, dalam hal penanganan pasien Covid-19, rumah sakit tersebut sementara ini hanya diperuntukkan sebagai tempat isolasi terpusat, bukan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

“Priscilla ini digunakan sebagai tempat isolasi terpusat, bukan sebagai rumah sakit rujukan Covid, belum karena baru operasional, untuk menjadi rumah sakit rujukan Covid perlu proses, seperti RSUD Cilacap, Majenang dan RS lainnya itu pakai SK sebagai rumah sakit rujukan Covid,” ujar Pramesti, Selasa (25/05).

Menurutnya, tempat isolasi terpusat digunakan sebagai tempat yang mengisolasi pasien Covid tanpa gejala, seperti salah satu hotel di Cilacap yang sebelumnya juga pernah dijadikan tempat isolasi terpusat.

“Ini sebelum digunakan operasional secara luas, kita gunakan dulu untuk isolasi karena sangat butuh, untuk penangananya, tidak menggunakan tenaga medis khusus, seperti rumah sakit rujukan Covid dan jika muncul gejala pada pasien, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Nomor : 445/1169/16.1 tanggal 24 Mei 2021 perihal Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit, maka Rumah Sakit Umum Priscilla Medical Center telah memenuhi persyaratan dan kelengkapan berkas dokumen, sehingga izin operasional rumah sakit dapat dikeluarkan.

“Selanjutnya berdasarkan pertimbangan tersebut, maka dikeluarkan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor : 445/369/16/Tahun 2021 tentang Izin Operasional Rumah Sakit Umum Priscilla Medical Center Cilacap,” kata Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Sementara itu, Direktur Priscilla Medical Center Herbi Purwadianto  merasa bersyukur setelah sekian lama akhirnya  acara peresmian operasional RS Pricilla dapat terwujud dan segera mengoperasikan seluruh pelayanan yang ada.

“RS Pricilla Medical Center ini adalah rumah sakit yang berstandar nasional dan kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang unggul dan pelayanan pasien yang optimal. Hari ini dioperasikan untuk penanganan Covid dulu, selanjutnya kita persiapkan untuk penyediaan obat, sarana, dalan lain-lain, mungkin dalam waktu satu Juni sudah mulai buka,” ujarnya.

Baca juuga Update Perampokan Kutasari! Pelaku Sempat Kirim Pesan ke Whatapp Grup Keluarga Korban

Editor :M Amron

Berita Terpopuler

Berita Terkini