SBI Bahas Rencana Strategis CSR Bersama Masyarakat Cilacap

SBI Pabrik Cilacap bersama masyarakat dan Pejabat Cilacap saat acara pembahasan rencana strategis atau renstra pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2023-2027 di Hotel Cilacap, Kamis, (16/3/2023). (SBI untuk Serayunews).

SIG melalui anak usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Cilacap, bersama masyarakat membahas rencana strategis atau renstra, Kamis (16/3/2023). Renstra itu terkait pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahun 2023-2027.


Cilacap, serayunews.com

Pembahasan bersama ini merupakan bentuk keterlibatan masyarakat atau para pemangku kepentingan (stakeholders). Sehingga bersama-sama merumuskan dan berkontribusi memberikan masukan maupun ide untuk kesuksesan pelaksanaan program CSR lima tahun ke depan.

Community Relations Manager SBI, Dewi Hestyani mengatakan, keterlibatan masyarakat adalah kunci sukses pelaksanaan CSR di lapangan.

“Kami yakin rasa memiliki atau ownership berawal dari keterlibatan masyarakat sejak awal menyusun program. Itu kami lakukan sehingga harapannya semua program pengembangan masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Tentunya juga memberikan manfaat yang maksimal dan tepat sasaran,” ujarnya.

Baca juga: Alami Pendangkalan, Sungai Ijo Nusawungu Cilacap Bakal Dinormalisasi 

Untuk kelancaran pembahasan ini, SBI bekerja sama dengan Social Departement Center (Sodec) PSDK Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bertindak sebagai fasilitator.

Pada hari yang sama, SBI menggelar Forum Konsultasi Masyarakat (FKM) tingkat Kabupaten tahun 2022-2023. Pesert forum itu adalah perwakilan masyarakat dari lima kecamatan di sekitar operasional SBI.

Ajang ini merupakan bentuk laporan dan keterbukaan informasi atas pelaksanaan program CSR atau pengembangan masyarakat yang telah berjalan sepanjang tahun 2022.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas kerjasamanya sehingga program CSR bisa terlaksana dengan baik, dan mendapatkan dukungan luas di masyarakat. Kita akan terus melanjutkan hal ini,” tegas Dewi.

Capaian

Beberapa capaian di tahun 2022 di antaranya penyaluran beasiswa pendidikan, pembangunan infrastruktur, tanggap bencana, pengembangan UMKM. Lalu, edukasi sampah berbasis rumah tangga untuk memberikan nilai lebih, peningkatan kapasitas dengan pelatihan. Kemudian, kegiatan tanam mangrove, serta kepedulian dan kelestarian seni dan budaya.

Keberhasilan di tahun 2022 telah mengantarkan sebuah pencapaian tertinggi dengan adanya penghargaan Proper Emas untuk SBI Pabrik Cilacap. Penghargaan itu dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hadir di acara ini Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat dan para pejabat di lingkungan Pemda Cilacap. Para pejabat itu di antaranya Asisten 2 Sekda Cilacap Drs M Wijaya, MM; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Cilacap, Ir Sujito, MSi. Kemudian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Sri Murniyati ST, MM.

Berita Terkait

Berita Terkini