Minggu, 5 Februari 2023

Sehat dan Menyenangkan, Jaga Kebugaran Tubuh dengan Bersepeda

Wildan bersama komunitas sepedanya, saat mengelilingi jalanan kota Cilacap, Jumat (9/12/2022). (Dok pribadi Wildan)

Ada berbagai cara untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Bersepeda bisa jadi rekomendasi olahraga yang menyehatkan, seperti yang dilakukan oleh Wildan Almabruri, praktisi sekaligus pengurus komunitas sepeda Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Wildan mengatakan, dengan berolahraga sepeda ada banyak manfaat yang ia dapatkan. Seperti mempertahankan daya tahan tubuh, menyehatkan organ jantung, mengencangkan otot, pengaturan pernapasan, memperkuat kerangka tubuh, tidak mudah terserang penyakit, mengurangi tingkat stress, hingga menambah suplai oksigen tubuh.

“Saya menggeluti sepeda ini sudah bertahun-tahun, sebagai pilihan diet sehat dan mengurangi stres pekerjaan utamanya. Akhirnya mengikuti balap sepeda di berbagai event,” katanya kepada serayunews.com, Jumat (9/12/2022).

Menurutnya, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan, mudah dilakukan dan olahraga yang fleksibel. Selain itu juga dapat mencegah penyakit obesitas, lantaran membantu membakar kalori tubuh secara sempurna. Sehingga, menyeimbangkan metabolisme tubuh dan membuat sehat.

“Sepeda juga kendaraan ramah lingkungan sekaligus mendukung go green. Belum lagi kita akan banyak teman, karena penghobi sepeda ini banyak sekali kan,” tuturnya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bersepeda di jalanan kota. Misalnya skema satu jalur dan skema dua jalur, dengan menyesuaikan kepadatan jalan. Serta, mematuhi rambu lalu lintas dan menghormati pengguna jalan lain. Karena keberadaan sepeda di jalan raya, terkadang dapat mengganggu pengendara bermotor.

“Ketika di jalan kita harus saling menghargai, maaf juga karena kadang ada juga pesepeda yang tidak mematuhi rambu lalu-lintas. Perilaku seperti itu, harus dihindari,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini