Sabtu, 3 Desember 2022

Sejumlah Kasus Begal HP Menyasar Anak di Cilacap Terungkap, Ini Imbauan Polisi

Potret salah satu tersangka begal HP di wilayah Cilacap saat diamankan Sat Reskrim Polresta Cilacap, Rabu (16/11/202). (Ulul Azmi/Serayunews).

Belakangan ini, Sat Reskrim Polresta Cilacap telah mengungkap sejumlah kasus begal HP (pencurian dengan kekerasan) dengan sasaran korban anak di bawah umur. Untuk mencegah kejadian serupa, petugas meminta peran aktif orangtua dalam mengawasi anaknya.


Cilacap, serayunews.com

Adapun sejumlah kasus yang telah diungkap Sat Reskrim Polresta Cilacap dalam waktu dua bulan terakhir di antaranya kasus perampasan HP di bawah Jembatan Sungai Serayu wilayah Kesugihan Cilacap. Bahkan selain merampas HP, dua orang pelaku juga menganiaya dua korban anak yang masih di bawah umur.

Selain itu, kasus serupa juga terjadi di wilayah Wanareja Cilacap. Korbannya adalah anak berumur 4,5 tahun yang saat itu sedang bermain HP di depan rumahnya dan dirampas oleh pelaku. Bahkan mirisnya, pelaku merupakan tetangga korban.

Dengan maraknya kasus tersebut, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Cilacap AKP Gurbacov meminta peran orangtua. Dia meminta orangtua ikut serta aktif mengawasi anaknya, terutama yang masih di bawah umur.

“Maka terhadap anak pun tidak bisa menyalahkan anak. Tentunya peran orangtua itu yang paling inti,” ujar Gurbacov, Minggu (20/11/2022).

Untuk mencegah dan menimalisir tindakan yang mengarah kriminalitas, pihak kepolisian juga sudah rutin menggelar patroli di tempat-tempat rawan dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami dari kepolisian terhadap tempat yang rawan. Sejak dahulu sudah melaksanakan patroli dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari atau mencegah terjadinya tindak pidana. Lebih baik jelas tujuannya kalau keluar rumah, kalau mau nongkrong harus jelas dalam hal apa,” ujarnya.

Pengawasan

Selain mencegah tindakan yang mengarah kepada kriminalitas dengan patroli dan sosialisasi, jajaran Polresta Cilacap juga berupaya optimal, baik dalam pengungkapan dan pengembangan kasusnya.

“Dan terhadap para pelaku kami sampaikan dan tegaskan, ketika Anda melakukan tindak pidana terutama di Cilacap maka tidak ada kata ampun untuk kami bisa mengungkap dan menangkap Anda,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu warga Cilacap Sugeng mengatakan, pentingnya orangtua dalam mengawasi anaknya saat bermain di luar ruangan. Terlebih saat bermain ponsel di luar rumah dapat berpotensi menjadi sasaran kriminalitas jika tidak ada pengawasan.

“Tak bisa dipungkiri, memang orangtua harus selalu mengawasi walaupun terkadang sibuk bekerja. Paling tidak menitipkan pesan kepada saudara atau keluarga untuk membantu mengawasinya. Terlebih anak sekarang yang mereka pegang HP, main di luar rumah kan rawan jadi sasaran. Jadi harus saling mengawasi aja, termasuk anak saya juga begitu,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini