Selasa, 6 Desember 2022

Serayu Meluap, BPBD Cilacap Siaga di Dua Kecamatan

Pemantauan debit sungai serayu di jembatan Maos oleh Forkopimcam Maos

Debit air Sungai Serayu meninggi usai hujan dalam beberapa hari terakhir. Hal ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap waspada di dua kecamatan yang dialiri Sungai Serayu.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Heru Kurniawan menegaskan pihaknya mewaspadai meningginya debit air Sungai Serayu. Apalagi, ada daerah di Cilacap yang dibelah Sungai Serayu.

“Kami dalam keadaan siagakan untuk dua kecamatan yakni Maos dan Adipala. Karena di dua kecamatan itu ada potensi limpasan Sungai Serayu,” katanya, Kamis (3/12/2022).

Baca Juga : Sungai Serayu Meluap, Dua RW di Desa Pegalongan Patikraja Terendam Banjir

Baca Juga : Kali Serayu Meluap Banjiri Jalan Raya Jalur Patikraja-Banyumas Macet

Limpasan Sungai Serayu bisa mengakibatkan genangan, seperti yang terjadi di beberapa titik di Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. Karena itu, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya limpasan, BPBD Cilacap menyiapkan personelnya.

Langkah lain yang dilakukan BPBD adalah memberi imbauan pada warga yang daerahnya berpotensi terkena luapan Sungai Serayu. Dia pun mengungkapkan jika pihak perangkat desa yang daerahnya dekat dengan Sungai Serayu untuk waspada.

 

Berita Terpopuler

Berita Terkini