Jumat, 30 September 2022

SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, Gelar Jalan Sehat Asyik Merdeka dengan Sampah Plastik

Siswa SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara saat melaksanakan jalan sehat asyik dari merdeka sampah plastik, Kamis (18/8/2022). (Dok SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara)

SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara menggelar jalan sehat asyik merdeka dari sampah plastik pada, Kamis (18/8/2022). Acara ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya sampah plastik.


Banjarnegara, serayunews.com

Jalan sehat ini, dalam rangka HUT RI ke 77 tahun 2022. Tak hanya sekadar jalan sehat, para peserta juga ikut memungut sampah plastik yang ada di jalan yang mereka lewati.

Koordinator kegiatan, Sri Indrowati mengatakan, jalan santai asyik peduli sampah plastik ini berawal dari keprihatinan. Sebab, banyak sampah plastik yang berserakan di jalanan. Padahal, sampah plastik tidak mudah terurai.

“Momentum HUT RI ini kita manfaatkan dengan berbagai kegiatan, termasuk dengan menggelar jalan santai. Tetapi kami tidak ingin hanya jalan. Namun juga ikut membersihkan lingkungan dengan memungut sampah pada jalan yang mereka lintasi,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan jalan santai asyik merdeka dari sampah ini juga bagian dari sosialisasi pada masyarakat, untuk bersama-sama dan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga, harapannya ke depan semua pihak dapat terlibat dan peduli dengan lingkungan, serta tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, Ketua OSIS SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, Ade Fitria mengatakan, melalui jalan santai asyik ini, ia ingin mengajak para siswa serta dewan guru dan keluarga besar SMAN 1 Sigaluh, untuk turun langsung dan menjadi contoh dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Ke depan kita juga menginginkan adanya pengelolaan sampah plastik di sekolah dengan mengolahnya menjadi hal yang berguna, sekaligus mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Ini akan menjadi proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang menarik dan bermanfaat,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini