Minggu, 27 November 2022

Soal Longsor di Perumahan Griya Satria Bantarsoka, BPBD Banyumas Sedang Persiapkan Penanganan

Lokasi jalan longsor di pinggir sungai Kalibodas, Kelurahan Bantarsoka RT 5 RW 10,, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Sabtu (10/9/2022). (Dokumentasi Warga Perumahan Griyasatria Bantarsoka).

Warga Perumahan Griya Satria Bantarsoka, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, dikejutkan dengan longsornya talut di pinggir Sungai Kalibodas, Sabtu (10/9/2022) lalu. Sebagai respon atas peristiwa tersebut, Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Banyumas, saat ini sedang mempersiapkan penanganan mulai dengan rapat bersama pihak terkait.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho menjelaskan, mereka sedang berupaya melakukan penanganan secepatnya. Untuk itu, saat ini sedang ada koordinasi lanjutan dengan pihak terkait untuk penanganannya.

“Kami rapatkan dengan petugas teknis siang ini. Jadi nanti ada penanganan darurat,” ujar dia, Senin (12/9/2022).

Kemungkinan, ada penanganan darurat yakni pemasangan bronjong sementara di sungai Kalibodas. Kemudian juga pemasangan barikade, tujuannya agar orang tidak melintas di kawasan sekitar longsoran.

“Mungkin nanti bronjong untuk penguatan, sampai menunggu dari pihak dinas terkait yang lebih memadai,” katanya.

Sebelumnya, Sabtu (10/9/2022) lalu talut Sungai Kalibodas di wilayah Perumahan Griya Satria Bantarsoka, longsor sekitar pukul 14.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa, namun kendaraan tak dapat melalui jalan di perumahan tersebut karena ikut ambrol hampir seluruhnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini