Jumat, 9 Desember 2022

Stok Vaksin Covid-19 di Purbalingga Kosong, Tanda Pandemi Segera Berakhir?

Warga mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Pendapa Dipokusumo Pemkab Purbalingga beberapa waktu lalu. (Dok Humas Pemkab Purbalingga)

Stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Purbalingga kosong sejak beberapa pekan terakhir ini. Kondisi tersebut menyebabkan kegiatan vaksinasi terhenti. Padahal Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah mengajukan permintaan pasokan vaksin ke Dinkes Pemprov Jateng.


Purbalingga, serayunews.com

“Kami sudah meminta dikirim stok vaksin Covid-19 ke Dinkes Pemprov Jateng. Namun stok disana juga kosong,” kata Kepala Dinkes Purbalingga dr Jusi Febrianto kepada serayunews,com, Selasa (4/10/2022).

Ketika disinggung apakah kosongnya stok vaksin menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 akan segera berakhir, Jusi mengatakan belum bisa memastikannya. Pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat terkait status berkahirnya pandemi.

“Yang jelas sejak dua pekan terakhir stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Purbalingga kosong,” terangnya.

Kendati demikian dia menyampaikan cakupan vaksinasi dosis ketiga di Kabupaten Purbalingga melebihi target nasional yang 30%. Pasalnya cakupan vaksinasi dosis ketiga di wilayah tersebut mencapai 33, 43%.

“Sebanyak 228.471 orang di Kabupaten Purbalingga sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga,” paparnya.

Sedangkan cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 82,32 % atau terdapat 871.378 orang yang divaksin dosis pertama. Selanjutnya sebanyak 717.356 orang yang sudah divaksin dosis kedua (74,51%). Sementara yang mendapatkan vaksinasi dosis keempat sebanyak 546 orang atau mencapai 18,38 %.

Presiden Jokowi saat menghadiri acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin (3/10/2022) menyampaikan pandemi Covid-19 sudah mereda. Oleh karena itu pemerintah segera mengumumkan pandemi segera berakhir.

Berita Terpopuler

Berita Terkini