Tak Perlu ke Samsat, Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan via BRImo

Tak Perlu ke Samsat, Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan via BRImo

Bagikan:
Ilustrasi bayar pajak kendaraan via BRImo dengan mudah. (Freepik.com)

SERAYUNEWS – Simak cara bayar pajak kendaraan via BRImo dengan mudah. Pemilik kendaraan tidak perlu ke samsat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan jika waktu sudah mepet.

Misalnya, kelupaan membayar pajak tetapi sudah hari terakhir masa berlakuknya. Oleh karenanya, pembayaran bisa dilakukan secara online.

Pajak kendaraan wajib dibayar oleh pemiliknya baik pajak tahunan maupun lima tahunan. Ketika terlalu sibuk dan belum sempat ke Samsat untuk mengurusnya, prioritaskan untuk membayar terlebih dahulu.

Dengan membayar via BRImo, pemilik kendaraan bisa bayar kapan saja dan dari mana saja. Pembayaran bisa dilakukan melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Melalui aplikasi SIGNAL tersebut, pengguna bisa memilih metode pembayaran BRImo dari Bank Rakyat Indonesia.

Jika pembayaran sudah berhasil, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang telah disahkan usai pajak kendaraan dibayar pun bisa dikirimkan ke alamat pemilik.

Dengan begitu, ketika sedang berada di luar kota atau beda provinsi tidak perlu repot pulang. Bisa membayar pajak pakai aplikasi.

Pembuatan Akun SIGNAL

Perlu diketahui, bahwa BRImo sudah bisa digunakan untuk pembayaran pajak kendaraan via SIGNAL di 15 provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bali, dan Kepulauan Riau.

Anda perlu menginstall aplikasi SIGNAL dan membuat akun. Syarat pembuatan akun meliputi nomor induk kependudukan (NIK), foto KTP-el, e-mail, nomor handphone. Saat pendaftaran, Anda juga diharuskan melakukan swafoto.

Kemudian daftarkan kendaraan Anda dengan mengisi NIK e-KTP, 5 digit nomor rangka kendaraan, dan nomor plat kendaraan. Sebagai catatan, kendaraan yang dapat didaftarkan adalah kendaraan milik sendiri atau kendaraan atas nama orang lain yang masih dalam satu kartu keluarga (KK).

Anda tetap bisa mendaftarkan lebih dari satu kendaraan. Setelah itu, Anda bisa mengklik menu “Pendaftaran Pengesahan STNK” untuk membayar pajak kendaraan.

Kemudian, memilih kendaraan yang hendak dibayar pajaknya. Jika ingin STNK dikirimkan, Anda bisa memilih opsi pengiriman. Isikan alamat Anda pada form yang tersedia.

Aplikasi SIGNAL akan memberikan informasi total tagihan dan menerbitkan kode bayar yang berlaku selama dua jam.

Panduan Cara Bayar via BRImo

Berikut ini cara membayar pajak kendaraan via BRImo:

  • Login BRImo
  • Pilih menu Tagihan
  • Pilih Menu SIGNAL
  • Pilih Wilayah dan Masukkan kode pembayaran
  • Konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN
  • Transaksi berhasil

***


© 2016 Serayu News