Sabtu, 31 Juli 2021

Taktik Jitu Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan

Customer Loyalty Service Efficiency Strategy Concept

Kepuasan pelanggan merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam kegiatan wirausaha/bisnis konvensional maupun online shop yang berkaitan erat dengan keinginan pelanggan untuk mencapai nilai pelanggan yang maksimum. Sebagai bentuk evaluasi yang dirasakan senang atau kecewa atas produk yang mereka dapatkan.

Cara mengukur kepuasan pelanggan di bisnis konvensional bisa dilakukan melalui tatap muka dan mengobrol langsung. Selain itu, cara mengukur kepuasan pelanggan di bisnis online dapat digunakan sebagai acuan pertanyaan yang dapat dimasukkan ke dalam FAQ _(Frequently Asked Question)_ agar konsumen dapat mencari informasi sesuai dengan yang diinginkan. Tujuannya jelas yaitu untuk memastikan produk tersebut memang berkualitas dan manfaat produk aman untuk digunakan oleh konsumen.

Sebagai contoh, tingkat kepuasan pelanggan dapat dilihat dari rating atau bintang yang ada pada sebuah platform e-commerce, dengan nilai 1 (sangat tidak puas) sampai 5 (sangat puas). Kepuasan yang tinggi akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perusahaan. Saat merasa puas, seorang konsumen akan terus menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut, sehingga tingkat penjualan perusahaan akan tetap tinggi dan memperoleh laba yang diharapkan. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang pebisnis atau wirausaha untuk dapat memahami perilaku para konsumen atau pelanggannya.

Hal apa aja sih yang bikin pelanggan puas?

Dalam menentukan apakah puas atau tidak, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan konsumen, yaitu:

  1. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen. Pelayanan bisa dalam bentuk barang atau jasa yang nantinya akan dinilai oleh konsumen apakah sesuai dengan harapan atau tidak. Ketika sesuai harapan, konsumen akan merasa puas dan berkemungkinan besar untuk membeli kembali produk tersebut.
  2. Harga produk yang ditentukan perusahaan. Harga yang relatif lebih murah biasanya akan membuat para konsumen merasa lebih puas karena tidak harus mengeluarkan biaya tinggi.
  3. Kualitas produk yang baik. Konsumen akan memberikan penilaian tinggi terhadap produk yang memiliki kualitas baik. Ketika mereka menganggap pengorbanan pembelian yang dilakukan sebanding dengan kualitas yang didapat, akan memungkinkan untuk berlangganan produk tersebut.
  4. Kemudahan dalam memesan suatu produk. Pemesanan atau pembalian produk dengan mudah dan waktu pengiriman yang cepat akan menambah kepuasan para konsumen.

Diverse people showing golden star rating symbol

Apa strategi yang bagus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan?

Untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan, diperlukan langkah-langkah yang tepat agar dapat berjalan dengan lancar. Perusahaan harus jeli dalam melihat dari berbagai sisi agar dapat memuaskan pelanggannya. Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan:

  1. Mencari tahu kebutuhan dan keinginan konsumen agar produk yang diproduksi dapat memenuhi harapan dan memuaskan sesuai dengan keinginan.
  2. Membangun kesadaran mengenai peran penting kepuasan konsumen terhadap produk perusahaan. Dengan kesadaran ini, perusahaan akan menjadi fokus dengan pemberian pelayanan yang baik dan maksimal.
  3. Memberikan penawaran menarik. Penawaran dapat diberikan kepada konsumen baru ataupun pelanggan lama. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, seperti pemberian voucher, diskon, ataupun penawaran produk limited edition.
  4. Terima dan sikapi keluhan pelanggan dengan baik. Ketika berwirausaha, pastinya akan mendapatkan masukan dari konsumen atau pelanggan entah itu dalam bentuk saran atau kritikan. Untuk itu, pihak perusahaan harus dapat menerima nya dengan baik dan menjadikannya sebagai bahan evaluasi memperbaiki pelayanannya.
  5. Menganalisis pesaing atau kompetitor yang ada. Dengan melihat apa yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis pesaing, dapat menjadi sebuah acuan atau ukuran untuk menjadi lebih baik lagi sehingga terlihat lebih menarik di mata konsumen.
  6. Melakukan survei kepuasan pelanggan. Survei ini dilakukan untuk mengetahui pandangan sebenarnya dari pelanggan terhadap produk perusahaan. Setelah itu, perusahaan dapat melakukan evaluasi berdasarkan hasil analisis survei yang ada.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya kepuasan pelanggan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kepuasan tersebut. Dengan adanya artikel ini, diharapkan dapat membantu para pelaku atau calon wirausahawan dalam memahami kepuasan pelanggan, sehingga membuat usaha menjadi berjalan dengan lancar.

 

Penulis

Nama : Anggun Nursita Sari
Jurusan : Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Berita Terkait

Berita Terkini