Senin, 21 Juni 2021

Telah Hadir, KA Relasi Cilacap – Ketapang Banyuwangi, Ini Jadwal Keberangkatannya

Logo PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Kini telah hadir Kereta Api (KA) Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang, Banyuwangi. Hadirnya KA Wijayakusuma jurusan Cilacap-Ketapang, Banyuwangi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama di wilayah Daop 5 Purwokerto.


Purwokerto, serayunews.com

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi mengatakan, KA Wijayakusuma berangkat dari Cilacap pukul 15.10 WIB. KA Wijayakusuma tersebut akan melewati berbagai stasiun dan pemberhentian terakhir adalah Stasiun Ketapang, Banyuwangi. KA Wijayakusuma akan sampai Ketapang, Banyuwangi pada pukul 05.45 WIB.

Sementara, untuk jurusan Ketapang, Banyuwangi ke Cilacap, KA Wijayakusuma akan mulai berangkat dari Ketapang pukul 11.30 WIB. KA Wijayakusuma akan sampai Cilacap pada pukul 02.15 WIB.

“KA Wijayakusuma terdiri atas empat (gerbong) kereta eksekutif dan tiga (gerbong) kereta ekonomi premium dengan kapasitas 275 tempat duduk,” ujar Ayep, Jumat (11/6).

Namun karena masih pandemi, tidak semua tempat duduk bisa digunakan. Hanya sebanyak 70 tempat duduk yang digunakan. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 14 Tahun 2020.

Mereka yang hendak menaiki KA tersebut wajib memenuhi syarat berupa keterangan negatif Covid-19 dengan tes RT-PCR/Rapid Tes Antigen yang berlaku 1×24 jam atau surat keterangan negatif tes GeNose C19 sebelum keberangkatan. Hal itu sesuai dengan Adendum SE Nomor 13 Tahun 2021 yang mengatur tentang pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Di sisi lain, Ayep Hanapi juga mengungkapkan soal Kereta Api Sawunggalih jurusan Kutoarjo-Pasar Senen, Jakarta. Kereta itu berkapasitas 406 penduduk dengan dua gerbong eksekutif dan enam gerbong ekonomi. Hanya saja karena masih pandemi, maka kapasitas tidak bisa ditempati secara keseluruhan.

KA Sawunggalih Pagi akan berangkat dari Kutoarjo pukul 07.00 WIB. Sementara untuk Sawunggalih Malam akan berangkat dari Kutoarjo menuju Pasar Senen pukul 19.00 WIB.

Baca juga Padukan Kegiatan Sosial dan Pendidikan lewat Program Portal, Begini Inovasi Satlantas Purbalingga

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini