Jumat, 30 September 2022

Temu Pendidik Nusantara 9 Ajak Sukseskan Merdeka Belajar

Temu Pendidik Nusantara 9 (TPN 9) di Banyumas, Rabu (9/8/2022). ( Foto : Dok KGBN)

Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Banyumas berkolaborasi dengan Cerita Guru Belajar menggelar Temu Pendidik Nusantara 9 (TPN 9) di Chalita International Preschool Sumampir, Kabupaten Banyumas. Pada kesempatan tersebut, mereka mengajak untuk turut menyukseskan program merdeka belajar.


Purwokerto, Serayunews.com

TPN 9 merupakan rangkaian konferensi pendidikan tahunan di 50 daerah dan 20 negara, melibatkan guru, pemimpin, hingga pemangku kebijakan. Mengusung “Kurikulum yang Memberdayakan Konteks”, TPN 9 harapannya dapat menjadi ruang saling berbagi dan belajar bagi pendidik agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di ekosistemnya. Terutama di masa peralihan kurikulum yang menerapkan prinsip merdeka belajar atau pembelajaran yang berpihak pada anak.

Pada TPN 9 Banyumas, terdapat  guru TK-SMA, kepala sekolah SD-SMA/SMK, dan dari dinas pendidikan setempat. Hadir ratusan peserta yang merdeka memilih kelas sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Beberapa kelas tersebut yakni, Coaching Pengembangan Tim Merdeka 15 kelas dengan pembicara dari berbagai latar belakang,Belajar, Strategi Literasi Merdeka Belajar, Healing Therapy dan Penanganan Tantrum pada Anak ABK, dan Pembelajaran Kreatif Melalui Project-Based Learning. Sebelum kelas-kelas mulai, terdapat upacara pembukaan “Manjing Rwang”.

Demas Adi Wicaksono, koordinator TPN 9 Banyumas, mengatakan, upacara ini untuk mempersiapkan tekad dan niat baik sebelum kegiatan berlangsung.

Lebih lanjut, terkait TPN 9 Banyumas, Demas menjelaskan, terdapat beragam kelas yang sudah tersedia untuk pendidik Banyumas. “Kelas-kelas ini akan membantu Bapak/Ibu menerapkan merdeka belajar di kelas. Ada perbedaan pembelajaran hingga pembelajaran berbasis proyek. Di sini juga hadir berbagai komunitas yang siap diajak berkolaborasi,” terangnya.

Demas menekankan, dalam proses belajar di sekolah, komunitas juga memiliki peran yang besar. Seperti misalnya jika ada pembelajaran tentang hewan, maka guru bisa mengundang komunitas reptil sebagai narasumber. Oleh karenanya, pada TPN 9 Banyumas, Ia mengajak berbagi komunitas untuk turut berperan menyukseskan acara.

Rangkaian TPN 9 secara luring akan berlangsung di 50 daerah hingga akhir Agustus. Selanjutnya, awal Oktober akan diadakan Pekan Temu Pendidik Nusantara 9 secara daring yang dapat memfasilitasi semua pendidik di seluruh daerah. Rangkaian TPN 9 daring dapat diikuti secara gratis.

Berita Terpopuler

Berita Terkini