Jumat, 19 Agustus 2022

Tinggal di Daerah Rawan, Pemuda Desa Cendana di Banjarnegara Dilatih Siaga Bencana

Pemuda Desa Cendana di Banjarnegara mendapatkan pelatihan siaga bencana. (dok BPBD Banjarnegara)

Sejumlah pemuda warga Desa Cendana, Kecamatan Banjarnegara, menjalani pelatihan dan pengetahuan tentang kedaruratan. Kemudian, ada tindak lanjut pembentukan desa tangguh siaga bencana. Daerah tersebut memang rawan bencana.


Banjarnegara, serayunews.com

Kepala Desa Cendana, Tusro mengatakan, pelatihan dan pembentukan desa tangguh bencana (Destana) ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan pengetahuan warga Desa Cendana akan kebencanaan.

Hal ini sangat penting, mengingat wilayahnya termasuk daerah rawan bencana di Banjarnegara, khususnya bencana tanah longsor.

Baca juga  Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional, PKK Harus Jadi Garda Terdepan

“Dengan pengetahuan ini, maka para generasi muda bisa siap siaga dan tahu apa yang harus mereka lakukan jika terjadi bencana di wilayahnya,” katanya.

Sementara itu, Kalakhar BPBD Banjarnegara, Aris Sudaryanto mengatakan, pembentukan Destana ini setelah sebelumnya para kader muda siaga bencana desa menjalani pelatihan.

Mereka mendapatkan berbagai materi pelatihan dan mitigasi bencana, mulai dari inventarisir potensi bencana, tindakan penyelamatan, hingga pembuatan tempat pengungsian dan dapur umum.

Menurutnya, ada beberapa materi pelatihan ini mulai dari pemantapan posko bencana, penyusunan tahapan darurat, simulai penanganan bencana, hingga penyusunan rencana tindak lanjut.

Baca juga  19 Kafilah Banjarnegara Berangkat ke Semarang Ikuti MTQ Jawa Tengah 2022

“Materi kita berikan semua, termasuk simulasi penanganan dan evakuasi korban bencana. Setelah memenuhi kriteria, baru kita lakukan pengukuhan sebagai Destana,” ujarnya.

Ia mengatakan, BPBD Banjarnegara terus melakukan pelatihan dan pembantukan Destana pada beberapa desa yang rawan bencana. Hal ini  sebagai tindakan antisipasi dan pencegahan bencana di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Berita Terkait

Berita Terkini