Jumat, 21 Januari 2022

12 Bandar Narkoba dari Bali Dijebloskan ke Lapas Super Maximum Security Pulau Nusakambangan

Sebanyak 12 narapidana bandar narkoba dari Lapas Narkotika Bangli Bali dipindah ke Nusakambangan, (Dok Istimewa)

Sebanyak 12 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Bangli Provinsi Bali, dijebloskan ke Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (29/12/2021). Narapidana yang dipindahkan merupakan para bandar narkoba, diantaranya divonis hukuman seumur hidup. Mereka akan ditempatkan di Lapas Super Maximum Security Karanganyar.


Nusakambangan, serayunews.com

Pemindahan narapidana kasus narkoba dari Lapas Narkotika Bangli Provinsi Bali tiba di Dermaga Wijayapura sekitar pukul 05.50 WIB. Pemindahan 12 narapidana kasus narkoba ini diseberangkan ke Nusakambangan menggunakan kapal, dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Baca juga  Terungkap! Ini Identitas Kerangka Manusia yang Ditemukan di PTPN IX Krumput

Para narapidana kasus narkoba ini menjalani vonis hukuman mulai dari 6 tahun hingga hukuman seumur hidup. Untuk memastikan keamanan, para narapidana terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan fisik dan penggeledahan sebelum dipindahkan ke Lapas Karanganyar.

Koordinator Lapas se Nusakambangan Jalu Yuswa Panjang mengatakan, hal ini adalah bagian dari revitalisasi pemasyarakatan. Menurutnya, pemindahan narapidana bandar narkoba ke Lapas Super Maximum Security Karanganyar dilakukakan dengan keamanan ketat ini, dimaksudkan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba di dalam Lapas.

“Seperti yang disampaikan Dirjen Pemasyarakatan, bahwa kami berkomitmen memerangi narkoba dan tidak main-main akan mengirimkan arapidana kategori bandar ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba. Pemindahan dari Lapas Narkotika Bangli Provinsi Bali ini merupakan salah satu contoh nyata,” ujar Jalu, sekaligus sebagai Kepala Lapas Kelas I Batu Nusakambangan.

Baca juga  Tuntaskan Perkara Pidana dengan Restorative Justice, Kejari Cilacap Berikan Penghargaan kepada Penyidik Kepolisian

Selain itu, pemindahan narapidana juga merupakan bentuk pencegahan adanya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di dalam Lapas maupun Rutan.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini