4 Amalan di Bulan Rajab yang Dianjurkan Bagi Muslim, Mulai 13 Januari 2024

Ilustrasi amalan di bulan Rajab bagi umat Islam. (Pixabay.com/Steve Buissinne)

SERAYUNEWS – Apa saja amalan di bulan Rajab? Umat Islam dianjurkan melaksanakan berbagai amal baik agar mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam. Menurut kalender Hijriah Indonesia yang diterbitkan Kementerian Agama RI, awal bulan Rajab 1445 H/2024 M jatuh pada hari Sabtu, 13 Januari 2024.

Banyak hadis yang menganjurkan untuk memanjatkan doa bulan Rajab agar dikabulkan oleh Allah SWT. Kita mengharapkan hidup yang lebih baik, tenang, serta berkecukupan.

Amalan Bulan Rajab

Setiap bulan haram atau bulan istimewa, umat Islam dapat mengejar pahala. Umat Islam pun banyak berbuat ketaatan agar mendapatkan ganjaran pahala yang lebih banyak.

Begitu juga sebaliknya, ketika melakukan perbuatan maksiat maka akan dibalas lebih barat. Oleh karenanya, muslim dapat melakukan amalan agar memperoleh ganjaran pahala. Berikut ini amalan-amalan yang bisa dilakukan.

1. Doa Memasuki Bulan Rajab

Berikut ini doa bulan Rajab seperti yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Arab-latin: Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya’bâna waballighnâ ramadlânâ.

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

2. Puasa Rajab

Bulan Rajab merupakan awal untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan ini begitu baik untuk latihan mengerjakan amal saleh. Kelak saat Ramadhan tiba, bisa mengerjakan ibadah dan mendapatkan pahalan berlipat-lipat.

Puasa Rajab dapat dikerjakan Muslim pada hari-hari utama seperti Senin, Kamis, Jumat, maupun bersamaan puasa ayyamul bidh. Berpuasa dapat dilakukan saat awal bulan Rajab atau 1 Rajab.

3. Sholat Rajab

Imam al-Ghazali mengungkapkan bahwa sholat sunah mutlak di bulan Rajab adalah mustahabbah (sunnah).

Ia juga menjelaskan bahwa seseorang yang berpuasa di hari Kamis pada bulan Rajab, kemudian melaksanakan sholat sunnah sebanyak dua belas rakaat di antara waktu sholat isya dan sepertiga malam, maka permohonannya akan dikabulkan.

4. Bersedekah

Amalan berikutnya yang bisa dikerjakan muslim pada bulan Rajab adalah bersedekah. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua.

Menurut sebagian pendapat, umur burung gagak mencapai 500 tahun. Bersedekah bisa beragam bentuknya dan diberikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan bantuan.

Demikian beberapa amalan di bulan Rajab yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam.

***