Kamis, 11 Agustus 2022

Anak Bunda Sudah Punya KIA? Berikut Manfaat dan Cara Membuatnya 

Dindukcapil Purbalingga melakukan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah objek wisata, sebagai fasilitasi program kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA)
Sejak sekitar tahun 2016, Anak-anak di bawah usia 17 tahun wajib memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu ini sebagai identitas, selayaknya Kartu Tanda Penduduk (KTM) bagi masyarakat dewasa. Ada berbagai manfaat dengan memegang kartu tersebut.

Purbalingga, serayunews.com

Mengingat pentingnya kepemilikan KIA, Pemkab Purbalingga terus mendorong masyarakat untuk mengurus KIA. Guna memantik kesadaran masyarakat untuk memiliki KIA, Pemkab Purbalingga melakukan berbagai strategi. Satu di antaranya melalui kerjasama dengan objek wisata.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Purbalingga, M. Fathurahman menyampaikan, pihaknya telah bekerjasama dengan Perumda Owabong, PT Lembah Asri Jaya Desa Serang dan Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas tentang fasilitasi kepemilikan KIA.

Baca juga  Tahapan Pemilu 2024 Sudah Dimulai, Berikut Syarat Wajib bagi Parpol untuk Bisa Ikut Kontestasi 

“Langkah ini menjadi salah satu trigger agar masyakarat yang memiliki anak untuk mengurus pembuatan KIA,” katanya.

Fathurahman mengatakan, bahwa target nasional untuk kepemilikan KIA yakni 40 persen. Sedangkan di Kabupaten Purbalingga sudah mencapai 46, 63 persen dari 270.238 anak.

“Sekitar 126.004 anak di Purbalingga telah memiliki KIA atau sekitar 46,63 persen dari keseluruhan dan jumlah tersebut telah melampaui target nasional,” katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, R. Imam Wahyudi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak yang ikut menyukseskan program dan kegiatan pemerintahan termasuk kegiatan termasuk. Dengan dukungan dari tempat-tempat wisata, harapannya meningkatkan minat publik untuk membuat KIA.

Baca juga  Melukis Soedirman, Mengenang Kembali Perjuangan Jenderal Besar dari Purbalingga

“Kalau ada trigger misalnya free pass atau potongan harga masuk ke tempat wisata bagi anak yang memiliki KIA kan akan meningkatkan minat masyarakat membuatkan KIA bagi anaknya,” ujarnya.

Ia menambahkan, kemanfaatan KIA juga akan sama dengan KTP bagi orang dewasa mulai dari akses administrasi pemerintahan, kesehatan hingga mencegah kejahatan seperti perdagangan manusia. Kemudian, anak rentan terhadap kejahatan perdagangan manusia. Maka, salah satu pencegahannya dengan membuatkan identitas yang jelas bagi anak.

“Manfaat dari KIA itu akan sama dengan KTP. Bisa untuk mengurus administrasi yang berhubungan dengan pemerintahan, kesehatan bahkan menangkal aksi kejahatan perdagangan manusia,” kata dia.

Baca juga  Angka Kematian Ibu di Purbalingga Tergolong Tinggi, Fasilitas Kesehatan jadi Faktor Utama

Bagi Anda yang belum mendaftarkan anaknya, bisa langsung datang ke kantor Dindukcapil Purbalingga.

KIA untuk Anak Usia 0-5 Tahun

  • Tidak perlu menyertakan foto
  • Mendaftar ke Dukcapil
  • Membawa Kartu Keluarga (KK) orangtua (asli)
  • Pembuatan KIA akan secara bersamaan dengan akta kelahiran KIA

Sedangkan untuk anak usia 5-17 Tahun

  • Membawa foto anak ukuran 2 x 3
  • Mengurus ke Dukcapil
  • Membawa KTP dan KK orang tua (asli)

Berita Terkait

Berita Terkini