Kamis, 7 Juli 2022

Bangkitkan Perekonomian Warga Lereng Semeru, Pertamina Cilacap Bangunkan Kandang Ternak Komunal

PT KPI RU IV saat mengecek bantuan paket kandang ternak komunal di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, kembali memberikan kontribusi bagi kebangkitan perekonomian warga penyintas erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bekerjasama dengan tim relawan Sekolah Relawan (SR), PT KPI RU IV, meresmikan bantuan paket kandang ternak komunal di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.


Lumajang, serayunews.com

Simbolis penyerahan bantuan dilakukan oleh Koordinator Relawan Semeru PT KPI RU IV Cilacap, Rian Pratama Pribadi kepada perwakilan kelompok ternak, Rumpun Sutiarso, di area kandang komunal Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kamis (19/5/2022).

Baca juga  Taekwondoin Purbalingga Cari Lawan Sparing, Ada yang Berani?

Rian menjelaskan, dari pemetaan tim relawan SR, bantuan senilai Rp 27,8 juta ini diperuntukkan pengadaan 3 ekor kambing PE, 3 ekor kambing gibas, pembuatan kandang, pengadaan lahan pakan hijauan dan pengadaan bibit tanaman buah.

“Yang menarik dari program ini, tim juga melakukan pendampingan kepada kelompok peternak untuk memastikan keberhasilan program,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, program kandang ternak komunal ini diharapkan menjadi sarana membangkitkan perekonomian warga pasca erupsi Gunung Semeru dengan memanfaatkan potensi lokal.

“Target jangka panjangnya adalah menjadikan wilayah penerima program sebagai sentra peternakan kambing karena memang di Dusun Sumbersari memiliki keunggulan di sektor itu,” ungkap Rian.

Baca juga  Beli Pertalite, Solar, dan LPG Harus Pakai MyPertamina? Begini Penjelasannya 

Di tempat yang sama, Rumpun menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada PT KPI RU IV Cilacap, bersama tim relawan SR yang memiliki komtimen tinggi membangkitkan perekonomian di sektor peternakan.

“Kami sangat berterimakasih, program kandang komunal ini sangat bermanfaat. Semoga target menjadikan dusun kami sebagai sentra peternakan kambing bisa terwujud,” katanya.

Diketahui, dari data yang dihimpun dampak dari erupsi Gunung Semeru Desember lalu, lebih dari 3.000 ekor hewan ternak mati, lebih dari 9 ribu jiwa mengungsi, 62 jiwa meninggal dunia dan hampir 3 ribu unit rumah rusak.

Baca juga  Warga Desa Cimrutu, Sangat Terbantu TMMD Sengkuyung Kodim 0703 Cilacap

Sementara bantuan dari PT KPI RU IV, bersumber dari penggalangan donasi organisasi internal perusahaan, seperti Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK), Baituzzakah Pertamina (Bazma), Persatuan Wanita Patra (PWP), Relawan Pertamina Peduli (Relpi), Badan Dakwah Islam (BDI), Badan Koordinasi Umat Kristiani (Bakor Umkris), dan Koperasi Pekerja Pertamina Wijayakusuma (Kopama).

Berita Terkait

Berita Terkini