Minggu, 28 November 2021

Begini Cara Buka Pertashop, Pom Mini Pertamina yang Datangkan Cuan Puluhan Juta

Pertashop. (dok pertamina)

Membuka Pertashop bisa menjadi alternatif Anda untuk berwirausaha menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) resmi, PT. Pertamina membuka kemitraan bagi siapa saja yang berminat berbisnis Pertashop.


Cilacap, serayunews.com

Sales Branch Manager Pertamina Rayon IV Cilacap-Banyumas Adeka Sangtraga Hitapriya mengatakan, Pertashop merupakan outlet penjualan berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM nonsubsidi, LPG nonsubsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel perusahaan minyak dan gas.

“Pertashop merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan, lantaran menjual kebutuhan pokok masyarakat yakni BBM. Lahan dan modal yang dibutuhkan pun tergolong lebih terjangkau,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (19/10/2021).

Ia menjelaskan, terdapat tiga skema atau paket dalam operasional Pertashop ini, yakni skema gold yang membutuhkan modal Rp 250 juta yang mencakup biaya Pertashop dan pengiriman. Kemudian skema Platinum membutuhkan modal Rp 400 juta yang mencakup biaya Pertashop dan instalasinya, dengan membutuhkan lahan sekitar 500 meter persegi.

“Kemudian Skema Diamond, modal yang diperlukan untuk skema ini Rp 500 juta yang meliputi biaya Pertashop dan instalasinya. Itu semua belum termasuk tanah dan bangunan yang dikerjakan sendiri oleh mitra,” tuturnya.

Sedangkan soal perhitungan keuntungan, lanjutnya, mitra Pertashop akan mendapatkan laba sekitar 850 rupiah per liternya, kemudian dikalikan dengan jumlah BBM yang terjual. Misalnya pada skema gold, mitra dapat menjual 400 liter per harinya, maka akan mendapatkan keuntungan sebesar sekitar 10 juta rupiah per bulan.

“Estimasi BEP sekitar 4 tahun, tergantung penjualannya. Nanti akan ada serangkaian survei dari Pertamina, termasuk jarak dari SPBU terdekat hingga akses truk menuju lokasi,” jelasnya.

Persyararan yang harus dipenuhi oleh mitra untuk membuka Pertashop antara lain:

  1. Mempunyai/menguasai (sewa min 10 thn) Lahan ukuran minimal 15 x 14 m (toleransi +-3 meter, tergantung lokasi).
  2. Akses jalan bisa dilalui mobil tanki (Akan disurvey pertamina).
  3. Jarak tidak dekat dari SPBU (akan ada evaluasi omset).
  4. Berbadan Hukum (PT, CV, Koperasi, dsb).
  5. Mempunyai modal utk melakukan pembelian unit Modular, Penyiapan Lahan dan pembelian BBM.
  6. Rekomendasi Omset sesuai dgn kelas investasi (minimal 400 liter/hari).
  7. Memiliki Rekomendasi Desa.
  8. Sharelock dan akan ada notif by wa untuk pengecekan lapangan bersama dengan mitra.

Sedangkan dukumen awal yang harus disiapkan mitra Pertashop antara lain:

  1. Rekomendasi desa.
  2. Akta Pendirian PT/CV/Koperasi/UD.
  3. NPWP.
  4. KTP Direktur
  5. Dokumen penguasaan lahan (kalau sewa minimal 10 tahun).
  6. Rekening bonafiditas (min 100 juta/titik)

Poin 5 dan 6, dokumen harus a.n PT atau salah satu direksi PT.

Nah bagi anda yang tertarik dapat mendaftar melalui website https://kemitraan.pertamina.com/registration_pertashop/index/7

Berita Terkait

Berita Terkini