Kamis, 20 Januari 2022

Begini Detik-detik Penyelamatan 26 ABK Kapal Pusri yang Terbakar di Perairan Teluk Penyu Cilacap

Kapal Soemantri Brodjonegoro. (Dok istimewa)

Petugas pastikan 21 ABK dari 26 ABK Kapal Soemantri Brodjonegoro yang terbakar di Area 70 Cilacap berhasil di selamatkan dan dievakuasi, meski masih ada 5 ABK standby di kapal yang terbakar itu.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya menyampaikan, bahwa pihaknya menerjunkan satu regu personel Basarnas untuk membantu menyelamatkan ABK Kapal. Pihaknya memastikan seluruh ABK berjumlah 26 orang selamat. Namun ada 5 ABK masih stanby di Kapal, untuk memantau proses pemadaman.

Baca juga  Kecelakaan Maut di Patikraja, Satu Pesepeda Motor Meninggal Dunia

“Sampai saat ini pemadaman masih terus di lakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan menggunakan Kapal Tugboat milik Pelindo dan Pertamina sementara kita fokus kepada evakuasi ABK yang sampai sekarang berhasil kita evakuasi dengan keadaan selamat,” ujar Nyoman dalam keterangannya.

Nyoman menambahkan, kebakaran Kapal Soemantri Brodjonegoro bermuatan pupuk diinformasikan terbakar sekitar pukul 07.15 WIB. Kapal terbakar berada di area 70 perairan Teluk Penyu Cilacap atau berada di Dermaga Khusus Pertamina.

Sementara itu, unsur yang dilibatkan dari Basarnas Cilacap, Lanal, Polairud, Pertamina, KPLP, Pelindo, Navigasi Cilacap, KKP Pelabuhan, Damkar Cilacap dan unsur lainya.

Baca juga  Satu Jasad Nelayan yang Tenggelam di Pantai Sodong Cilacap Ditemukan Mengambang

“Kita sudah berngkatkan empat personel dan mobil Damkar ikut standby di sekitar lokasi dan jika diperlukan kita siap bantu,” ujar Kepala Satpol PP Cilacap Luhur Satrio Muchsin.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran maupun jumlah kerugian akibat terbakarnya Kapal Pupuk Soemantri Brodjonegoro tersebut. Untuk pengamanan di area lokasi terbakar, sejumlah personel dari Polairud Polres Cilacap mengamankan jalur perairan.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini