Kamis, 2 Desember 2021

Beri Bekal, Warga Binaan Rutan Banjarnegara Dilatih Keterampilan Las dan Pakan Lele

Warga binaan Rutan Banjarnegara sedang dilatih keterampilan las (Maula Asadillah)

Sebagai bekal keterampilan bagi warga binaan, rumah tahanan (Rutan) Banjarnegara memberikan pelatihan keterampilan las dan pembuatan pakan lele. Kegiatan yang dilakukan di Lapas Banjarnegara, Senin (14/5/2021) adalah kerjasama dengan Baznas Banjarnegara dan Disnaker.


Banjarnegara, serayunews.com

Kepala Rumah Tahanan Banjarnegara Karyono mengatakan, dalam kegiatan ini, para warga binaan diajarkan keterampilan sebagai bekal mengarungi kehidupan nanti pasca bebas dari hukuman. Program pelatihan keterampilan mengelas dan pembuatan pakan lele ini dipandu langsung oleh tenaga ahli dari dinas tenaga kerja Banjarnegara dan hasil kerjasama dengan Baznas.

“Pelatihan ini sebagai bekal mereka, adapun pesertanya adalah 16 warga binaan, meraka dibagi dua, yakni pelatihan las dan pelatihan pembuatan pakan lele,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, dia berharap para napi nantinya setelah bebas memiliki keahlian yang bisa menopang kehidupan mereka sebagai ladang mencari nafkah. Mereka juga bakal mendapatkan sartifikat agar bisa membuka bengkel las sendiri, minimal bisa diterima kerja di pabrik atau bengkel-bengkel lainnya.

“Kami berharap para peserta latihan nantinya bisa buka bengkel sendiri, minimal bisa bekerja di sebuah pabrik. Mereka juga langsung praktik dengan membuat beberapa peralatan dengan las serta pakan ikan lele,” ujarnya.

Baca juga Musibah di Karangkobar Banjarnegara, Ladang Longsor dan Enam Rumah Warga Retak

Berita Terkait

Berita Terkini