Minggu, 28 November 2021

Bus Wisata Gratis Terbukti Dongkrak Kunjungan Wisata di Banyumas, ini Faktanya

Masyarakat Banyumas antusias naik bus wisata gratis yang dioperasikan hanya pada akhir pekan. (Foto : Hermiana)

Pengoperasian bus wisata gratis selama tiga pekan terakhir terbukti mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Banyumas. Saat ini kunjungan wisatawan di akhir pekan sudah mencapai di atas 2.000 orang.


Purwokerto, serayunews.com

Peningkatan kunjungan wisatawan ini tak lepas dari keberadaan empat bus wisata gratis yang melayani wisatawan secara gratis. Wisatawan bisa memesan bus tersebut melalui aplikasi ataupun dengan menunggu di tempat pemberhentian bus.

 “Sekarang sudah mulai ada peningkatan kunjungan wisata, pada akhir pekan sudah mencapai di atas 2.000, sebelumnya hanya pada kisaran 1.000 pengunjung,” kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Wakhyono, Sabtu (20/11).

Lebih lanjut Wakhyono mengatakan, bus wisata gratis sangat diminati, terutama oleh masyarakat Banyumas yang di daerah pinggiran yang hendak berwisata dan mempunyai keterbatasan dalam transportasi. Tingginya peminat bus wisata gratis ini, sempat membuat  Sampai pemesanan melalui aplikasi  eror.

Dan untuk menambah pemahamanan wisatawan tentang lokasi-lokasi wisata di Banyumas, Dinporabudpar juga menyertakan pemandu wisata pada tiap bus wisata gratis.Pemandu tersebut bertugas menjelaskan destinasi wisata di Banyumas beserta dengan kelengkapan sarana dan pra sarananya.

“Keberadaan pemandu wisata pada bus wisata gratis ini, merupakan kerjasama dari Dinporabudpar dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas dalam upaya untuk mempromosikan wisata,” terangnya.

Total ada lima bus wisata gratis yang disediakan Dishub Banyumas. Namun yang beroperasi saat ini empat bus dan 1 bus lainnya sebagai cadangan. Pengoperasian bus wisata gratis hanya pada akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu. Untuk jalur bus wisata gratis, akan dimulai dari Alun-Alun Banyumas yang terdapat wisata musium wayang Sendangmas, kemudian melalui jalur Kecamatan Sokaraja dan ada pemberhentian, berlanjut ke kawasan sekitar Sungai Serayu yang terdapat wisata dermaga, lalu masuk ke Kota Purwokerto.

Wakhyono menegaskan, pihaknya terus berupaya untuk kembali meramaikan wisata di Banyumas. Antara lain dengan membuat aplikasi Dolan Banyumas yang memuat informasi seluruh tempat wisata di Kabupaten Banyumas, dilengkapi dengan informasi tentang biro perjalanan wisata

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini