Selasa, 7 Februari 2023

Catat! Banyumas Berlakukan PPKM Level 3, Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi

Seperti yang diketahui, banyaknya jumlah orang terpapar Covid-19 membuat Kabupaten Banyumas masuk ke dalam daftar Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Sesuai keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tentunya ada berbagai aturan yang wajib dipatuhi.


Purwokerto, serayunews.com

Sesuai Intruksi Mendagri, daerah yang berada di PPKM Level 3 wajib mematuhi beberapa peraturan di antaranya pembelajaran dapat dilakukan secara daring, atau tatap muka terbatas. Kemudian pada sektor non esensial, diberlakukan maksimal 50 persen work from office (WFO), bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindingi pada akses masuk dan keluar tempat kerja.

Kemudian untuk pasar seperti supermarket, pasar tradisional hingga toko kelontong, dibatasi waktu operasionalnya hingga pukul 21.00 waktu setempat, dengan kapasitas maksimal pengunjung 60 persen dengan diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Pada pasar rakyat, yang menjual barang nonkebutuhan sehari-hari beroperasi hingga pukul 20.00 waktu setempat dan kapasitas maksimal 60 persen.

Waktu dan kapasitas maksimal pengunjung juga berlaku bagi warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, kafe, dan sejenisnya. Bagi restoran, kafe, warung dan pedagang kaki lima atau lapak jajanan hanya boleh buka pukul 18.00 wajib tutup maksimal pukul 00.00 waktu setempat.

Sedangkan bioskop, selain wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, juga kapasitas maksimal 50 persen, anak usia 12 tahun wajib didampingi orangtua dan menunjukan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Tempat ibadah, kapasitas maksimal 50 persen. Hal itu juga berlaku bagi fasilitas umum mulai dari taman, area publik, tempat wisata umum serta lainnya. Untuk kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan, dapat diselenggarakan dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Pada moda transporasi, kapasitas maksimal 70 persen dan 100 persen untuk pesawat terbang dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk resepsi pernikahan, dapat diadakan dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Bupati Banyumas, Achmad Husein menyampaikan, dari tanggal 1 Januari hingga tanggal 17 Febuari 2022 sudah ada 19 orang meninggal dunia di Kabupaten Banyumas karena Covid-19. Sementara dari bulan Januari hingga 17 Febuari 2022, sebanyak 1.256 orang terpapar Covid-19.(san)

Berita Terpopuler

Berita Terkini