Selasa, 29 November 2022

Cilacap Terus Gencar Lakukan Tes Swab Massal Covid-19

Cilacap, Serayunews.com-Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Cilacap masih tersisa tiga orang. Meskipun demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacao masih terus melakukan swab secara massif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan jika swab masif masih terus berjalan. Saat ini masih dalam pelaksanaan swab tahap 3.

“Sejak awal sudah ada sekitar 2.200-an tes swab yang dilakukan,” ujarnya.

Pada tahap 1 swab massal dilakukan kepada petugas lapangan dari berbagai instansi. Ada sebanyak 360 orang dengan hasil seluruhnya negatif Covid-19.

Selanjutnya pada tahap kedua dilakukan swab ke petugas puskesmas, Gugus Tugas Kecamatan di 24 kecamatan, dan masyarakat dengan rapid tes reaktif dan kontak erat/kontak dekat pasien konfirm. Dari sebanyak 533 orang yang dites, ada satu orang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Selanjutnya di tahap 3, yang masih berlangsung, menyasar penderita penyakit penyerta/komorbid seperti hipertensi, DM, jantung, ginjal kronis, penyakit paru dan kanker di masing-masing Puskesmas, tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan swasta, pasien rutin tindakan HD (cuci darah), penghuni panti jompo, sampling santri Ponpes. Direncanakan akan dilaksanakan mencapai 1.500 an tes.

“Target keseluruhan sekitar 5 ribu sampai 6 ribu tes, dan dilakukan secara bertahap,” katanya.

Selain itu tes swab juga dilakukan kepada para pelaku perjalanan dari luar Cilacap, khususnya yang berasal dari wilayah zona merah.

Serta mencegah adanya kasus impor, tes swab dilakukan di daerah perbatasan, seperti Pos Mergo Dayeuhluhur, Rawaapu Patimuan, Menganti Kedungreja, Sampang, dan juga Nusawungu. Selain itu juga dilakukan di terminal Karangpucung.

Tes swab ini dilakukan untuk meningkatkan surveilance, atau menambahan pemeriksaan, terutama bagi kelompok yang rawan terpapar. Serta deteksi dini virus Covid-19 kepada masyarakat, pasalnya ada beberapa kasus dimana pasien tanpa gejala.

Sampai Sabtu (9/8/2020) jumlah pasien terkonfirmasi positif di Cilacap ada sebanyak 80 orang, dengan rincian 76 oramg sembuh, 3 orang masih dalam perawatan, dan satu orang meninggal dunia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini