Jumat, 21 Januari 2022

Diragukan, Jejak Kaki Macan Kumbang di Desa Windunegara Wangon

Warga Grumbul Kepetek, Desa Windunegara, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas kembali menemukan jejak kaki hewan berkaki empat. Memang ada dugaan itu jejak macan kumbang. Namun aneh jika jejak itu milik macan kumbang karena jejak telapak kaki tersebut berukuran 8-9 sentimeter dengan ada jejak kukunya, Jumat (7/1/2022).


Purwokerto, serayunews.com

Menurut keterangan Kadus II Desa Windunegara, Sugeng Riyanto, jejak kaki tersebut ditemukan oleh pihaknya bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) ketika menelusuri keberadaan binatang buas diduga macam kumbang tersebut.

“Jejaknya di lokasi yang sama saat Pak Tawin menemukan jejak pertama,” ujar dia.

Baca juga  Sopir Travel di Bumiayu Tancap Gas ke Banyumas, Cabuli Anak Penumpang Langganannya

Sugeng mengatakan, hingga saat ini belum ada kepastian hewan apa yang tengah meneror warganya tersebut. Karena hingga saat ini belum ada penampakan saat pihaknya melakukan pencarian baik di sekitar lokasi penemuan jejak, serta lokasi warga terakhir melihat binatang tersebut.

Sementara itu menurut Kepala Resor Konservasi Wilayah Cilacap BKSDA Jawa Tengah, Dedi Rusyanto, jika dari temukan jejak tersebut, dengan adanya telapak dan jejak kuku yang ditemukan, dia menduga, itu merupakan jejak anjing liar.

“Kalau jenis kucing sedang melangkah itu pasti selalu menyembunyikan kukunya. Ini seperti jenis anjing,” katanya.

Baca juga  Dukung Banyumas Sekolah Tatap Muka 100 Persen, Binda Jawa Tengah Vaksinasi 1.211 Anak

Namun demikian, pihaknya akan berusaha terus merespons informasi dari warga masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman ketika beraktivitas. Meski, pihaknya sedari awal sudah meragukan bahwa jejak tersebut merupakan milik macan.(san)

Berita Terkait

Berita Terkini