Sabtu, 10 Desember 2022

Diskominfo Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat di Desa Danasri Nusawungu, Apa Tujuannya?

Sosialisasi dan Pembentukan KIM Berkah Manunggal Desa Danasri Kecamatan Nusawungu oleh Diskominfo Cilacap (dok istimewa)

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap bentuk kelompok informasi masyarakat (KIM) di Desa Danasri Kecamatan Nusawungu. Kelompok ini sebagai mitra kerja pemerintah dalam menyampaikan informasi dan komunikasi kepada masyarakat serta membantu dalam menangkal berita Hoax.


Nusawungu, serayunews.com

Kepala Diskominfo Cilacap M Wijaya melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari menyampaikan, tahun ke dua ini pihaknya akan membentuk sembilan KIM baru tersebar di Kabupaten Cilacap, salah satunya di Desa Danasri Kecamatan Nusawungu dengan nama kelompok KIM Berkah Manunggal.

Menurutnya, KIM merupakan suatu lembaga/organisasi yang dibentuk atas prakarsa/inisiatif masyarakat dengan kata lain dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya mengakses informasi pembangunan di semua bidang kehidupan, karena KIM ini sebagai mitra kerja pemerintah dalam menyampaikan informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

“Selain itu KIM sebagai mediator komunikasi dan informasi dari pemerintah untuk masyarakat dan sebaliknya secara berkesinambungan. KIM sebagai penerima, penyebar informasi yang berinteraksi sesama anggota masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan untuk mencapai kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Diketahui, KIM Desa Danasri dibentuk dengan nama KIM Berkah Manunggal, sebagai ketua Bambang Dwi Sasmito, Wakil Ketua Wasiyo, Sekretaris Sutiwan, Bendahara Fatoni Chusman, dan beberapa Seksi-seksi antara lain Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi, Seksi Pelayanan dan Desiminasi Informasi, dan Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif. Dan sebagai penasehat yakni Hasim selaku Kepala Desa Danasri.

Ia menambahkan, pembentukan KIM gelombang  dua tahun 2021 ini, rencananya akan membentuk sembilan KIM yang tersebar dibeberapa desa di wilayah Kabupaten Cilacap. Selain pembentukan KIM baru, Diskominfo Cilacap juga melakukan penguatan KIM terhadap enam KIM yang sudah terbentuk sebelumnya.

“Dengan terbentuknya KIM ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran berita hoax yang makin santer malalui media Sosial di Masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi pembentukan KIM gelombang kedua di Desa Danasri Kecamatan Nusawungu  dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Nusawungu Irwan Ariyanto diikuti perwakilan berbagai elemen masyarakat.

Baca juga Bobol Konter dan Gasak 29 HP, Pemuda Gunung Kidul Dibekuk Aparat Polresta Banyumas, Begini Ceritanya

Editor :M Amron

Berita Terpopuler

Berita Terkini