Sabtu, 29 Januari 2022

DPRD Cilacap Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi dengan Terobosan Inovasi

Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat (Ulul)

Dalam Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RA RKPD) Kabupaten Cilacap tahun 2023, DPRD Cilacap mendorong pemulihan sektor perekonomian dengan berbagai inovasi di masa pandemi Covid maupun pascanya.


Cilacap, serayunews.com

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat, ia mengatakan bahwa, perlu ditingkatkannya sejumlah sektor dalam pemulihan ekonomi pasca pendemi Covid-19.

“Dampak Covid yang hari ini belum kembali adalah ekonomi. Maka itu, menyambangi masyarakat baik secara ekonomi,” ujar Taufik dalam keterangannya.

Baca juga  Pengelola Parkir di Kemranjen Diberhentikan, Ada Apa?

Menurutnya, peningkatan ekonomi bisa dilakukan dari sektor ketenagakerjaan dan perindustrian yang diperlukan penyediaan balai latihan kerja milik Kabupaten Cilacap yang representative dan sesuai dengan kebutuhan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki skil sesuai dengan era perkembangan jaman.

Serta perlu adanya pelatihan dan bantuan pembiayaan usaha bagi anak pekerja usia pemula dan penyandang disabilitas untuk membuka usaha baru, sehingga dapat hidup mandiri.

Selain itu, kelompok wanita tani yang ada di desa perlu diberdayakan guna membangun kekuatan ekonomi masyarakat desa dengan didukung bantuan keuangan khusus desa.

Baca juga  Ada 51 Korban Kecelakaan Lalu lintas di Banjarnegara Meninggal Dunia

Sedangkan untuk penunjang perekonomian melalui pembangunan infrastruktur, ia menilai sektor pekerjaan umum memprioritaskan pekerjaan lanjutan dengan tuntas, pelaksanaan rigid beton untuk jalan dengan struktur tanah yang labil dan sering banjir.

Serta hotmix untuk jalan yang stabil, talud untuk struktur jalan yang lembek dan mudah longsor.Serta pembangunan jembatan agar dianggarkan satu tahun anggaran selesai.

“Semisal jalan, baru teranggarkan sekian persen, itu harus ditindaklanjuti, jangan membuat judul baru, kenapa harus dibangun satu kilo kenapa baru 500 meter, ini kan ada progres jadi ini berkelanjutan,” ujarnya.

Baca juga  Diterjang Angin dan Hujan, 29 Rumah di Desa Tarisi Wanareja Cilacap Porak-poranda

Pihaknya juga mendorong kepada eksekutif bisa melakukan pendekatan kepada para investor dengan melakukan terobosan, hal itu dimaksudkan untuk peningkatan invetasi di Cilacap seperti yang ada saat ini yaitu Kawasan Industri Cilacap (KIC).

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini