Rabu, 5 Oktober 2022

Festival Kenthongan hingga Pentas Wayang Kulit Ramaikan Agustusan di Banyumas, Catat Jadwalnya!

Selebaran perayaan HUT RI ke 77 Kabupaten Banyumas. (Dok Pemkab Banyumas)

Pemerintah Kabupaten Banyumas menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77. Mulai dari pentas wayang kulit, lomba mewarnai, hingga karnaval mobil hias dan festival kenthongan. Acar-acara itu bakal meramaikan Agustusan tahun ini.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Bagian (Kabag) Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Banyumas, Krisianto memberikan penjelasannya. Ia mengatakan, kegiatan awal yakni Pagelaran Wayang Kulit Gagrag Banyumas dengan menghadirkan tujuh dalang. Wayangan akan berlangsung di Pendapa Kecamatan Banyumas pada, Kamis (11/8/2022) pukul 08.00 WIB.

Kemudian Minggu (14/8/2022), ada lomba mewarnai untuk TK, KB, PAUD usia 5-6 tahun di Madhang Maning Park, Jalan Bung Karno. Kemudian ada juga lomba estafet bendera, estafet bola pingpong, serta tarik tambang di Taman Apung Mas Kemambang.

Pada tanggal 17 Agustus 2022, ada festival barista, kembang api. Di hari yang sama ada pula festival tradisional dari panjat pinang, tarik tambang, tampah, egrang di kompleks Menara Teratai.

“Pada Sabtunya (20/8/2022), ada karnaval mobil hias sekitar pukul 09.30 start dan finis di Menara Teratai. Kemudian malam harinya sekitar pukul 19.30 WIB ada festival Kenthongan. Kenthongan itu start dari SMP Negeri 1 Purwokerto finis di Menara Teratai,” kata dia.

Tidak hanya itu, untuk hari Minggunya juga ada lomba memancing ikan berhadiah di Taman Apung Mas Kemambang, pukul 10.00 WIB. Acara terakhir yakni pengajian akbar oleh Ustadz Das’ad Latif pukul 19.00 WIB di Menara Teratai Purwokerto.

Berita Terpopuler

Berita Terkini