Kamis, 7 Juli 2022

Festival Literasi, Digelar untuk Lahirkan Penulis Berbakat Banjarnegara

Festival Literasi, Digelar untuk Lahirkan Penulis Berbakat Banjarnegara

Untuk menciptakan generasi literasi di kalangan tingkat SMP, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Banjarnegara menggelar festival lomba literasi tingkat SMP se Kabupaten Banjarnegara, di SMPN 1 Bawang.


Banjarnegara, Serayunews.com

Kasie kesiswaan Dinas Pendidika Pemuda dan Olahraga yang juga ketua panitia, Rita Khotijah mengatakan, festival lomba literasi ini sengaja dilakukan untuk menggali potensi yang dimiliki siswa dalam dunia tulis menulis. Kegiatan ini dilakukan untuk melahirkan penulis muda dari Banjarnegara.

Selain itu, lomba ini juga menjadi wadah bagi siswa yang memiliki potensi dalam karya tulis, baik itu pusi, maupun cerpen.

Baca juga  Adu Banteng Tiga Kendaraan di Sokaraja, Seorang Penumpang Meninggal Dunia

“Persaingan ini juga menjadikan siswa untuk berkompetisi secara sehat, mereka juga ikut mengembangkan bakat siswa,” katanya.

Menurutnya, festival literasi ini merupakan hasil kerjasama dinas pendidikan dengan MGMP bahasa indonesia SMP. Di mana lomba ini terbagi dalam dua kategori, yakni lomba cipta dan baca puisi, serta menulis cerpen.

Kundaru Wahyono, koordinator pelaksana fetival lomba literasi mengatakan, dalam mata lomba cipta dan baca puisi diikuti oleh 72 peserta, sedangkan menulis cerpen ada 70 peserta yang mewakili sekolah masing-masing.

“Ini adalah bagian dari membentuk karakter generasi yang cerdas dan berakhlak mulia yang berlandaskan pada pancasila, dari kegiatan ini peserta juga bisa mengembangkan potensi dalam dunia tulis menulis serta berani menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk karya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini