Minggu, 25 September 2022

Geliat UMKM Cilacap Didorong Manfaatkan Ruang Terbuka Hijau

Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman (tengah) saat memberikan keterangan, usai membuka UMKM Fest 2022 di Plut UMKM Cilacap, Kamis (15/9/2022). (Ulul Azmi)

Mendorong pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Cilacap digeliatkan kembali dengan hadir di tempat publik. Salah satunya pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH).


Cilacap, serayunews.com

Hal itu seperti pernyataan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman. Bahwa ia mendorong pengoptimalan penataan RTH dan untuk keramaian even-event dengan menggeliatkan UMKM Cilacap.

“Kita mendorong Dinas Perkimta programnya menata kawasan hijau di Cilacap. Jangan di alun-alun saja. Tapi suatu saat ruang hijau yang sudah dibangun seperti di kawasan Soetomo ini tidak hanya mendapatkan perawatan. Namun, juga untuk event-event keramaian,” ujar Wabup usai membuka UMKM Fest 2022 di Gedung Plut UMKM Cilacap, Kamis (15/9/2022).

Menurut Wabup, dengan banyaknya jumlah UMKM di Cilacap, tidak memungkinkan seluruhnya ada dalam satu tempat saja, contohnya Alun-alun Cilacap. Akan tetapi, bisa memanfaatkan RTH yang ada di wilayah kota Cilacap.

“Karena jumlah UMKM sangat banyak, sehingga tidak bisa hanya di satu titik saja seperti Alun-alun Cilacap. Car free day di kawasan Sutomo juga potensial, dan masih banyak alternatif yang lain. Setiap titik RTH ada keramaian, di situ UMKM hadir,” ujar Wabup.

Tidak hanya di wilayah kota saja, Wabup juga mendorong agar di tingkat kecamatan bisa membuat terobosan inovasi yang serupa.

“Artinya buatkan keramian di RTH ini menjadi solusi untuk menampung UMKM hingga nantinya tingkat kecamatan. Harapannya food court lokal yang ada di situ bagus” tambah Wabup.

Meski demikian, Wabup berpesan tiga hal sederhana bagi pelaku UMKM. Tiga hal itu yakni meningkatkan kemampuan atau keahlian, memperkuat permodalan, dan bisa bersaing dalam pemasaran.

“Ada tiga hal sederhana untuk kemajuan UMKM Cilacap, mereka harus memiliki kamampuan, permodalan dan pemasaran,” tandasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini