Rabu, 1 Desember 2021

Genjot Ekonomi Desa, Kadin Banjarnegara Blusukan Lakukan Pendampingan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banjarnegara memberikan pelatihan peningkatan UMKM. (Maula)

Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan ekonomi di tingkat desa, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banjarnegara blusukan keliling desa demi memberikan pelatihan peningkatan UMKM yang ada di Banjarnegara.


Banjarnegara, serayunews.com

Pendampingan usaha kecil yang dilakukan Kadin Banjarnegara merupakan bagian dari upaya pengembangan ekonomi kecil. Sebab UMKM merupakan motor penggerak pembangunan ekonomi di daerah.

Ketua Kadin Banjarnegara Akhmas Fajar Mukhtarom mengatakan, untuk mendorong ekonomi di daerah, butuh investasi yang sangat besar. Namun keberadaan UMKM mampu menjadi penggerak ekonomi yang dapat diandalkan. Bahkan selama masa pandemi ini, sektor yang bisa bertahan selain pertanian adalah UMKM.

Menurutnya, kekuatan ekonomi di suatu negara akan kuat dengan pengembangan UMKM di daerah. Karena itu, pendampingan bagi UMKM sangat penting agar mereka bisa bangkit dan terus berkembang.

“Kekuatan ekonomi suatu negara akan kuat dengan UMKM. Karena itu, pengusaha kecil di daerah ini harus kita dorong,” ujarnya.

Selain memberikan pendampingan dan pelatihan, Kadin juga ikut membantu menciptakan pengusaha-pengusaha kecil agar lebih banyak lagi di daerah. Untuk itu, Kadin akan menjadi rumah bersama untuk merangkul para pelaku usaha daerah dalam satu wadah. Kadin juga akan mendorong pelaku usaha melakukan sinergi dan kolaborasi untuk membangun ekonomi ke depan.

“Kita bangun UMKM sesuai dengan potensi di masing-masing wilayah. Kita juga membantu beberapa persoalan yang dihadapi para UMKM, seperti perluasan pasar dengan sistem digital marketing, pelatihan packing produk, hingga sistem promosi produk dan standar kualitas produk bagi UMKM,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini