Jumat, 2 Desember 2022

Granat Aktif Ditemukan di Majenang

Granat genggam jenis nanas sebelum didisposal Tim Jibom. Warga menemukan granat itu saat meratakan lahan kebun di Dusun Ciawi RT 02 RW 02, Desa Sepatnunggal Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap, Jumat (4/11/2022) (Dok Humas Polresta Cilacap untuk Serayunews).

Tim Penjinak Bom (Jibom) Unit Gegana Banyumas Detasemen Gegana Polda Jateng menjinakkan sebuah granat genggam jenis nanas temuan warga di Majenang Cilacap, Jumat (4/11/2022). Warga menemukan granat nanas aktif itu saat meratakan lahan kebun untuk garasi mobil.


Majenang, serayunews.com

Kasi Humas Polresta Cilacap Iptu Gatot Tri Hartanto mengatakan, granat genggam jenis nanas didisposal oleh Tim Jibom Unit Gegana Banyumas, setelah warga melaporkan penemuan benda tersebut ke petugas pada Kamis (3/11/2022).

“Hasilnya, granat masih aktif dan kami lakukan disposal di sekitar lokasi penemuan granat. Granat aman dan berhasil kami jinakkan,” ujar Gatot saat dikonfirmasi.

Gatot menjelaskan kronologi penemuan granat genggam jenis nanas tersebut. Mulanya, warga bernama Dasyono menemukan granat itu saat sedang bekerja meratakan lahan di kebun milik Karsudi, Rabu (2/11/2022). Kebun itu ada di Dusun Ciawi RT 02 RW 02, Desa Sepatnunggal Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap.

“Dasyono sedang bekerja meratakan lahan tiba-tiba cangkul miliknya mengenai benda yang keras mencurigakan. Karena tidak tahu, Dasyono membiarkan benda tersebut di lahan,” ujarnya.

Namun, kemudian Dasyono melaporkan penemuannya kepada Ketua RT setempat. Setelah pemeriksaan ternyata mirip granat. Kemudian ketua RT melaporkan ke Kepala Desa dan berlanjut ke Polsek Majenang.

Setelah mendapat laporan tersebut, sejumlah personel Polsek Majenang mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), dan memberikan tanda garis polisi agar warga tidak mendekat.

Karena benda mencurigakan dengan ukuran diameter 10 sentimeter itu adalah granat nanas aktif, penanganannya pun melibatkan Tim Jibom untuk menjinakkannya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini